Studi Kasus Otomatisasi Proses Bisnis Repetitive di Industri

Repetitive Task menjadi tantangan setiap organisasi menuju era digital transformation, jenis proses bisnis yang simpel tetapi membutuhkan banyak waktu dalam menyelesaikannya, memaksa karyawan untuk menyelesaikan banyak tugas membosankan dan meningkatkan resiko human error.

Proses bisnis yang memakan banyak waktu seringkali menjadi penghalang besar antara karyawan dan hasil pekerjaan yang lebih berharga dan berkualitas. Proses bisnis repetitive ini dapat menghasilkan biaya tinggi dalam jangka panjang. Menurut market research firm IDC, perusahaan kehilangan hingga 30% pendapatan setiap tahun karena inefisiensi.

Masalah Proses Bisnis Repetitive Di Berbagai Industri

Call Center Bank Mega

Proses yang membosankan dan rentan terhadap kesalahan manusia merupakan masalah yang sering terjadi pada call center di berbagai Industri, termasuk Bank Mega Indonesia memiliki masalah serius dengan tidak efisiennya agen call center yang menangani 135.000 panggilan sebulan dan menghabiskan waktu hingga 7 menit per panggilan.

Proses Validasi Invoice Di Telkomsel

Tim accounts payable industri telekomunikasi dengan 170 juta pelanggan ini kewalahan saat memproses hingga 3.000 invoice per bulan. Setiap invoice harus diperiksa kesalahannya sebelum diunggah ke sistem pembayaran, merupakan repetitive task yang simple namun sangat menyita waktu.

Proses Manual Financial Close Di Security Benefit

Security Benefit Corporation memiliki anak perusahaan yang bergerak di Industri Asuransi, mengidentifikasi setidaknya 100 proses bisnis manual berpotensi menciptakan kemacetan operasional, salah satunya proses manual financial close.

Formulir & Entri Data Menumpuk Di Rumah Sakit

ApprioHealth penyedia solusi teknologi untuk rumah sakit yang berbasis di North America, mengungkapkan jika repetitive task di industri kesehatan seperti proses formulir dan entri data digital pengajuan klaim asuransi merupakan tantangan terberat.

RPA Resources, Solusi Proses Bisnis Repetitive Di Berbagai Industri

RPA Resources adalah fungsi pekerjaan dengan tujuan menyelaraskan proses, RPA tool, dan strategi otomatisasi dengan tujuan bisnis. Berkolaborasi dengan head of department, stakeholders dan IT team untuk menerapkan praktik terbaik, merumuskan compliance (standar kepatuhan), dan mengoptimalkan otomatisasi pada proses bisnis repetitive. Misalnya pada kasus di berbagai industri berikut:

Efisiensi Call Center Bank Mega

Menggunakan bantuan RPA Resources, Bank Mega mengidentifikasi puluhan proses bisnis manual dalam organisasi. Salah satunya yaitu Call Center, Dalam 1 bulan call center agent secara berulang menerima 135.000 panggilan terkait pertanyaan informasi produk, layanan dan keluhan pelanggan yang rata-rata membutuhkan waktu proses sekitar 7 menit per panggilan.

Dengan Robotic Process Automation di Call Center, proses penyelesaian layanan terkait peningkatan batas kredit, penggantian email dan update data nasabah menjadi maksimal 5 menit. Otomatisasi proses bisnis repetitive membantu staf di Call Center terhindar dari tugas membosankan dan rentan terhadap human error serta mempercepat proses pelayanan.

Validasi 3.000 Invoice Per Bulan Menggunakan Robot Di Telkomsel

Mengacu pada perpaduan teknologi yang memberdayakan Digital Transformation, kini proses validasi invoice melalui intelligent document processing software (didukung RPA Resources) kemudian data ditransfer ke dalam sistem lebih cepat.

Intervensi manusia hanya diperlukan untuk invoice dengan kualitas gambar yang buruk. Hal ini telah mengurangi pemeriksaan manual menjadi kurang dari 10%, sehingga siklus pembayaran menjadi lebih pendek.

Implementasi Robotic Process Automation membawa pengalaman yang baik melalui cara kerja baru, di mana karyawan bekerja sama dengan robot untuk memberikan hasil yang lebih baik dan lebih efisien.

Security Benefit Mengotomatisasi Proses Bisnis Yang Diwariskan

Menggunakan RPA UiPath, Security Benefit menghemat 40.000 jam kerja pada tahun 2020 dengan mengotomatiskan proses bisnis dan alur kerja yang diidentifikasi oleh karyawan di seluruh perusahaan.

Security Benefit mengkhususkan diri dalam mengelola anuitas, pasar uang, dan dana untuk perencanaan pensiun, telah bekerja dengan Robotic Process Automatin sejak 2016, bekerja untuk mengotomatisasi proses keuangan dan bisnis yang memakan waktu, dan dengan bantuan dari RPA Resources, perusahaan terus mengotomatiskan alur kerja untuk mengoptimalkan efisiensi dan meningkatkan akurasi.

RPA, Meningkatkan Kinerja Operasional Keuangan Industri Kesehatan

Rumah sakit, klinik, dan penyedia layanan kesehatan menangani tumpukan formulir dan basis data digital yang merupakan bagian dari infrastruktur perawatan kesehatan saat ini.

Salah satu spesialisasi ApprioHealth adalah memfasilitasi klaim asuransi kesehatan, termasuk pendaftaran Medicaid dan pemrosesan klaim, untuk mempercepat dan memaksimalkan proses reimbursements penyedia layanan kesehatan tersebut.

Dengan bantuan RPA Resources, AprioHealth membantu penyedia layanan kesehatan memproses ribuan formulir dan entri data secara akurat dan efisien. Menghasilkan peningkatan kinerja keuangan dan operasional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *