Design Methodology | April 13, 2018 9:13 am

Meta Description yang Dicintai Search Engine dan Visitor

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang mitos mengenai meta description. Untuk mengingatkan kembali, meta description tidak mempengaruhi ranking secara langsung. Namun, bukan berarti meta description tidak perlu dioptimasi.

Masih ada cara mengoptimalkan meta description agar tetap mampu meningkatkan ranking situs Anda.

Artikel kali ini akan membahas lebih lanjut seputar meta description, dan cara membuat Meta Description yang Dicintai Search Engine dan Visitor.

Apa fungsi utama meta description?

Meta description adalah sebuah tag HTML, yang apabila dilihat akan menjadi sebagai berikut:

<meta name=”description” content=”deskripsi laman,

Terdiri dari satu sampai dua kalimat.”/>

Fungsi dari meta description sendiri adalah untuk membuat visitor dari Google tertarik mengklik tautan menuju situs Anda. Dengan kata lain, meta description berfungsi meningkatkan CTR dari mesin pencari.

Meta description tidak memberi dampak langsung pada peringkat situs. Ini karena meta description tidak dimasukkan ke dalam algoritma peringkat. Namun ada satu manfaat tak langsung dari meta description: Google menganggap click-through-rate alias CTR sebagai cara menentukan bahwa situs atau artikel Anda adalah sesuatu yang dicari orang.

Semakin banyak orang mengklik tautan Anda, sudah wajar bila peringkat situs Anda akan naik. Inilah kenapa mengoptimasi meta description sangatlah penting.

Ciri-ciri meta description yang baik

Ciri-ciri meta description yang baik adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki karakter maksimal 320
    Tidak ada angka yang pasti mengenai berapa jumlah karakter yang tepat. Kalau kita mengetikkan meta description di Yoast, memang saat kita menulis lebih dari 160 akan terdapat peringatan. Namun, kini Google telah melakukan pembaruan: meta description boleh ditulis sampai 320.
  2. Berisi kalimat yang sifatnya “mengundang”
    Meta description pada hakikatnya adalah sesuatu yang menjelaskan. Namun, jika ingin membuat visitor mengklik tautan situs Anda, buatlah meta deskripsi ini tak hanya menjelaskan, namun juga mengundang pengunjung untuk masuk. Contohnya:drife-meta description
  3. Mengundang kalimat perintah
    Kalimat perintah dapat berupa “kunjungi”, “baca selengkapnya”, “dapatkan di sini”, “download di sini”, dan lain-lain.
  4. Sesuai dengan konten
    Google bisa melihat meta description yang sesuai dengan konten dengan yang tidak. Jika Anda menulis meta description yang provokatif tapi tidak berhubungan dengan konten yang sebenarnya, cepat atau lambat bounce rate Anda akan naik. Semakin tinggi bounce rate, maka semakin turun peringkat Anda. Bermainlah dengan adil.
  5. Mengandung kata kunci utama
    Jika kata kunci utama ditulis juga di meta description, Google akan “menangkap” kata kunci tersebut dan menebalkannya di hasil pencarian.
  6. Meta description haruslah unik
    Jika meta description Anda bersifat duplikat, atau hanya berbeda sedikit antara satu konten dengan yang lain, visitor akan menganggap situs Anda sifatnya seperti bot. Visitor mengharapkan ada sentuhan unik pada tiap meta description. Meta description sendiri sejatinya tak wajib diisi. Anda boleh saja mengosongkannya jika Anda tak tahu harus menulis apa. Jika Anda mengosongkan meta description dengan sengaja, Google biasanya otomatis mencari bagian dari konten Anda yang paling sesuai, dan mencantumkannya sebagai meta description. Contoh:

Misalkan setelah ini Anda ingin mengubah meta description pada semua artikel Anda. Namun, artikel Anda jumlahnya ratusan, dan mengubahnya tentu akan makan waktu. Lalu apa yang harus dilakukan?

Pihak Google menyebut bahwa meta description pada artikel yang sudah ada tak perlu diganti semua; Anda hanya perlu membuat meta description pada laman populer dan homepage saja. Selain itu, mulai sekarang mulailah membuat meta description yang sesuai dengan tips di atas.

Demikian tadi sejumlah tips tentang Meta Description yang Dicintai Search Engine dan Visitor. Semoga membantu Anda!