Digital Marketing | April 18, 2018 4:00 am

Meta Description bukan Faktor Penentu Peringkat di Google?

Mencari tips SEO di luaran sana cukup mudah. Anda bisa mengetikkan “Tips SEO” di pencarian Google, Anda akan mendapat cukup banyak tips seputar SEO yang siap dilakukan.

Tips SEO biasanya didapat dari eksperimen atau pengalaman pribadi. Google sendiri tak pernah merilis tips SEO yang benar-benar menyeluruh, semua tips SEO yang ada di internet murni berasal dari hasil eksperimen penulisnya.

Ini membuat tips SEO ada yang benar-benar bisa digunakan, dan ada yang cuma mitos.

Salah satu mitos yang cukup sering beredar adalah meta description. Mitosnya adalah: “Meta descriptions dihitung sebagai salah satu algoritma yang meningkatkan SERP” .

Perlu ditekankan bahwa ini adalah mitos semata. Namun, meta description tetaplah penting. Artikel kali ini akan membahas lebih dalam seputar meta description dan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkannya.

 

Apa itu Meta Description?

Setiap situs punya space untuk menulis meta description, namun ada yang menggunakannya, ada yang tidak. Meta deskripsi adalah sebuah deskripsi kecil tentang apa sebenarnya isi dari laman tersebut. Mirip seperti sebuah ringkasan. Meta deskripsi tak terlihat di situs, namun baru akan muncul di Google atau mesin pencari lainnya.

meta description

Meta Descriptions dan Peringkat SERP

Kebanyakan orang menulis meta description dengan petunjuk yang didasarkan pada mitos, seperti yang kita bahas tadi. Jika orang itu yakin bahwa meta description hanya ada untuk mendongkrak peringkat, hampir pasti si webmaster akan mengisi meta description dengan kata kunci.

Padahal meta description tidak perlu dijejali dengan kata kunci.

Kenapa demikian?

Ini karena, meta description tidak dimaksudkan untuk dilihat oleh sistem, namun oleh pengguna Google.

Meta description berfungsi sebagai tempat promosi kecil mengenai apa yang Anda tulis di laman/artikel Anda. Fungsi meta description adalah untuk meningkatkan click-thorugh rates, yang hanya akan terjadi bila meta description Anda cukup menarik untuk pihak pencari.

Penjelasan mudahnya kira-kira sebagai berikut.

  1. Isi Meta description bukanlah faktor yang dilihat oleh algoritma mesin pencari.
  2. Namun, perilaku pengguna (dalam hal ini adalah berapa banyak yang mengklik tautan Anda) adalah faktor yang mempengaruhi peringkat.
  3. Click-through rates atau CTR adalah faktor yang dilihat oleh algoritma mesin pencari.

Maka dari itu, kita sebagai penulis atau webmaster situs harus menulis meta deskripsi yang tidak mempengaruhi SERP scara langsung, namun membuat meta deskripsi yang cukup memukau agar lebih banyak pencari yang mengklik tautan Anda. Perlu diingat sekali lagi, peringkat laman yang CTR-nya tinggi akan naik dengan sendirinya.

Meta description adalah untuk konversi, bukan untuk peringkat. Namun, konversi yang tinggi akan meningkatkan peringkat Anda.

facts

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan meta description?

Baiklah, Anda baru saja mengetahui bahwa meta deskripsi tidak mempengaruhi peringkat secara langsung. Namun, bukan berarti meta deskripsi perlu diabaikan begitu saja. Anda masih bisa mengoptimalkan meta description yang mampu menggoda pencari agar mengklik tautan menuju situs Anda. Bagaimana caranya?

  • Jelaskan: Gunakan bahasa dan kata-kata yang dapat mendeskripsikan apa isi konten Anda tersebut. Lebih spesifik lagi, beritahukan: apa yang akan pengguna dapatkan bila mengklik tautan menuju situs Anda?
  • Call to Action: Call to Action alias CTA adalah satu faktor penting dalam menulis. Anda dapat menemukannya di iklan, promosi, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakannya di dalam meta description. Kata-kata seperti: “klik sekarang!” atau “cari tahu di sini!” sudah cukup.
  • Buat Penasaran: Perlakukan meta deskripsi sebagai salah satu trik pemasaran, dan ciptakan ketertarikan pada benak pengguna. Jika mereka cukup tertarik, mereka pasti akan mengklik tautan ke situs Anda.
  • Kata kunci: Loh, katanya tadi kata kunci tidak perlu dimasukkan? Kami menyatakan bahwa kata kunci dalam meta description tidak perlu dimasukkan bila terlalu banyak. Masukkan saja satu, agar pengguna tahu bahwa tautan ke situs Anda ini tetap sesuai dengan apa yang mereka cari.

Nah, demikian tadi penjelasan mengenai Meta Description bukan Faktor Penentu Peringkat di Google. Semoga membantu meluruskan pemahaman yang ada, dan semoga bisa membantu Anda.