Apa yang terbayang di benak Anda ketika mendengar istilah “Robotic Process Automation”? Robotic Process Automation atau RPA merupakan software yang mampu meniru aktivitas manusia di komputer tapi dengan kecepatan dan akurasi yang lebih.

Istilah ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan di awal tahun 2000an dan sudah dikembangkan dari beberapa tahun sebelumnya. RPA bisa dibilang sebagai “evolusi” dari screen scraping, workflow automation, dan artificial intelligence.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, teknologi RPA juga berkembang dan terbagi dalam tiga kategori, yaitu probots (memroses data dengan mengikuti rule sederhana dan berulang), knowbots (bertugas untuk browsing internet untuk mengumpulkan dan menyimpan informasi spesifik mengenai user), dan chatbots (virtual robot yang dapat merespon permintaan user secara real time)

Tidak sedikit perusahaan yang sejak lama berkecimpung dan mengembangkan dunia RPA ini. Beberapa di antaranya adalah Automation Anywhere Inc., Blue Prism, EdgeVerve Limited, HelpSystems, UiPath, Workfusion, dan lain sebagainya.

Bagaimana Penerapan RPA pada Berbagai Industri?

Apapun industri yang bisnis Anda tekuni, RPA bisa membantu Anda. Berikut adalah beberapa contoh penerapannya.

  1. Industri Jasa Keuangan

Bagi Anda yang bergelut pada jasa keuangan, Anda bisa menggunakan RPA untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi untuk berkompetisi dengan fintech. Contohnya, RPA dapat  mengotomatisasi pembukaan atau penutupan rekening, mengelola audit request, hingga memproses klaim asuransi.

  1. Industri Pemerintahan

Di bidang industri pemerintahan, RPA dapat digunakan untuk mengotomatisasikan fungsi-fungsi back office atau fungsi pelayanan langsung pada masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

  1. Industri Layanan kesehatan

Dalam industri yang menyediakan layanan kesehatan, Anda bisa mengotomatisasi fungsi back office dan revenue cycle management dengan menggunakan Robotic Process Automation. Anda bisa membuat otomatis kegiatan-kegiatan seperti catatan medis pasien, klaim, dukungan pelanggan, billing, reporting, dan analytics.

  1. Industri Transportasi dan Logistik

Jangan salah, industri transportasi dan logistik pun juga dapat memanfaatkan teknologi RPA. Salah satunya adalah untuk mengotomatisasi pemrosesan dokumen shipping dan proses-proses berbasis dokumen lainnya.

  1. Industri Penyedia Energi

Meskipun bergerak di bidang energi, namun pasti tetap ada hal-hal yang bersangkutan dengan dokumen yang sebenarnya bisa lebih efisien dan memangkas cost jika diotomatisasikan dengan menggunakan RPA. Contohnya mengotomatisasi pekerjaan-pekerjaan accounting hingga pemeliharaan.

Masih banyak lagi industri lainnya yang bisa memanfaatkan teknologi RPA. Jadi jangan ragu dan pelajari lebih lengkap mengenai RPA agar Anda semakin yakin!

Anda juga bisa berkonsultasi dengan konsultan digital transformation seperti Drife.

Leave a comment

©drife 2021. All Rights Reserved.

en_USEnglish