Di saat kini Indonesia sedang ramai-ramainya membicarakan dan mengimplementasikan gerakan Revolusi Industri 4.0, ternyata Jepang sudah melaju ke gerakan Society 5.0. 

Mengingat kembali pengertian Industry 4.0

Industry 4.0 ditandai kehadirannya sejak abad ke-21. Ini merupakan era digital atau era teknologi informasi dan komunikasi seperti yang kita rasakan saat ini. Kondisi di mana internet, smartphone, sensor Internet of Things (IoT), dan koneksi data telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia kerja dan bahkan dari kehidupan sehari-hari.

Lalu, apa itu Society 5.0?

Society 5.0 merupakan suatu konsep yang sebenarnya sudah lama dicetuskan oleh pemerintah Jepang. Bedanya dengan Industry 4.0 adalah, dalam Society 5.0, kita tidak lagi berpusat pada industri. Karena fokus dari gerakan ini lebih dipusatkan pada manusia, yang dalam konteks ini maksudnya adalah masyarakat. Dengan tetap memanfaatkan teknologi sebagai penggerak, Society 5.0 digerakkan untuk menciptakan masyarakat yang makmur dan pintar. 

Perbedaan antara Industry 4.0 dengan Society 5.0

Terdapat beberapa perbedaan utama yang mendasari industry 4.0 dan society 5.0. Yang pertama adalah, Industry 4.0 merupakan gerakan yang menekankan pada bagaimana pekerjaan dilakukan secara otomatis. Sedangkan di sisi lain, society 5.0 menekankan pada bagaimana cara untuk mengoptimalkan tanggung jawab jam kerja untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Perbedaan yang berikutnya adalah, pada Industry 4.0, gerakan ini menyoroti efektivitas penggunaan mesin otomatis. Sementara itu, Society 5.0 lebih menyoroti efektivitas dalam optimalisasi pengetahuan masyarakat dengan bantuan mesin cerdas.

Selain itu, yang membedakan Industry 4.0 dengan Society 5.0 adalah jika industry 4.0, kita berbicara mengenai komunikasi yang terkomputerisasi dengan segala cara. Sedangkan Society 5.0 kita lebih banyak berbicara mengenai kemudahan untuk mempercepat pekerjaan dengan bantuan mesin cerdas demi kepentingan manusia.

Terlepas dari perbedaan-perbedaan ini, pada dasarnya Industry 4.0 dan Society 5.0 sebenarnya memiliki tujuan yang sejalan, yaitu untuk mempermudah aktivitas manusia supaya segala pekerjaan bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Itu mengapa kita harus benar-benar memahami kedua konsep ini. Karena tidak menutup kemungkinan untuk kita mengimplementasikan keduanya secara bersamaan. 

Leave a comment

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish