Pada bulan April 2020 lalu, PT. ONE (Orbit Nasional Edukasi) yang merupakan bagian dari IDStar Group mengadakan kompetisi Hackathon yang diadakan secara online dengan tema RPA (Robotic Process Automation). Didukung oleh perusahaan besar yang fokus pada bidang RPA, yaitu UiPath. ICStar Hackathon juga didukung oleh perusahaan-perusahaan perbankan di Indonesia seperti, Bank BCA, Bank Mega, dan Adira, sehingga mampu mengumpulkan semua mahasiswa semester 7-8 serta para fresh graduates dari jurusan Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Teknik Industri dari 27 Universitas yang ada di Indonesia. 

Tujuan diadakannya ICStar Hackathon 2020 ini adalah untuk menjadi “jembatan” dalam menanggapi permasalahan yang menghambat pergerakan edukasi dengan dunia industri. Sehingga dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat meningkatkan semangat anak bangsa, dan mempersiapkan mereka semua untuk masuk kedalam dunia kerja. Kerja sama dengan semua perusahaan juga diharapkan dapat membantu untuk mempercepat proses perekrutan peserta ICStar Hackathon dapat langsung diterima bekerja.

ICStar Hackathon sendiri berjalan selama 5 bulan yang terdiri dari 3 phase. Mulai dari phase 1, phase 2, hingga phase 3, mereka berlomba-lomba untuk meraih kedudukan juara 1 untuk acara ICStar Hackathon yang diadakan secara online pertama di Indonesia. Sehingga dari 286 orang yang mendaftar pada phase 1, akan diseleksi pada phase 2 hingga tersisa 66 orang yang terdiri dari 22 tim yang harus memperebutkan posisi untuk dapat melanjutkan perjuangannya di ICStar Hackathon Final Showcase di phase 3.

Hingga pada akhirnya, tanggal 2 September 2020, ICStar Hackathon Final Showcase diadakan secara LIVE melalui Zoom dan YouTube yang ditonton lebih dari 3.000 orang untuk menyaksikan 6 tim yang menjadi finalis dan harus berjuang untuk memperebutkan juara 1 dalam kompetisi ini. Keenam tim tersebut diantaranya: Study Wars, reCaptcha, URobo Thar, Ganther, Blue Navy, dan PandoraBots. 

ICstar Final Showcase ini terjadi sangat menegangkan, semua tim finalis diberi kesempatan selama 31 menit untuk mempresentasikan, dan melakukan demo dari RPA yang telah mereka buat selama kompetisi berlangsung. Setelah mempresentasikan hasil dari masing-masing kelompok, akan ada juri yang memberikan feedback kepada mereka. Selain keputusan para juri menilai dai 6 kelompok tersebut, semua penonton juga dapat melakukan vote kepada tim jagoan mereka yang berpengaruh dengan hasil akhir penilaian masing-masing tim. 

Hingga pada akhirnya, Juara 1 ICStar Hackathon 2020 dimenangkan oleh tim Study Wars yang beranggotakan Anwar, Salma, dan juga Muthia yang mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp.90.000.000 tidak hanya itu Principal UiPath juga memberikan $1.000 untuk pemenang juara 1 karena bangga dengan adanya ICStar Hackathon. Juara 2 dimenangkan oleh team Blue Navy yang beranggotakan Adi Januardi, Hamdi Hidayat, dan Norma Irkham yang dapat membawa pulang uang tunai Rp.45.000.000, dan juara 3 didapatkan oleh tim Pandora Bots yang beranggotakan Wahyu Ade Pratama, Salma Pratiwi, serta Rio Gabriel Sinaga yang mendapatkan uang tunai Rp.15.000.000. 

Perasaan Senang, sedih, cemas semua menjadi satu ketika semua peserta ICStar Hackathon 2020, mengikuti kompetisi ini. Dengan ini, ONE Indonesia menunjukan, bahwa adanya pandemi Covid-19 ini bukan menjadi penghalang untuk menghadirkan generasi bintang yang akan menjadi penerus bangsa. Semoga, dengan diadakannya acara ini, dapat meningkatkan semangat semua penerus bangsa agar tetap terus berjuang demi kemajuan bangsa kita, Indonesia. 

Leave a comment

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish