Manusia tentunya tidak luput dari kesalahan. Apa lagi dalam berbisnis. Jatuh bangun sudah menjadi hal yang lumrah dan pasti dialami oleh semua yang membangun usahanya dari awal. 

Tapi, bukan berarti Anda harus takut dan selalu bermain aman untuk terhindar dari kesalahan. Belajar dari kesalahan itu penting, baik dari kesalahan sendiri ataupun kesalahan orang lain. 

Artikel ini akan memberikan Anda sedikit pelajaran yang mungkin bisa Anda ambil dari kesalahan yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain. Supaya Anda tidak mengulanginya.

Yuk simak 4 hal yang lebih baik tidak Anda lakukan ketika sedang membangun start up.

  1. Tidak Menyisihkan Cash Cadangan yang Cukup untuk Mensupport Diri Sendiri

Ini adalah salah satu kesalahan besar dalam berbisnis tapi cukup sering terjadi pada entrepreneur baru hingga menyebabkan bisnis mereka jatuh bukan karena model bisnis yang tidak bagus, tapi karena permasalahan finansial.

Tidak jarang para entrepreneur ini kehabisan uang untuk mendukung bisnis atau diri sendiri sebelum bisnis mereka menghasilkan profit.

Oleh karena itu, hal yang lebih baik untuk Anda lakukan adalah menyiapkan dana khusus untuk mensupport diri Anda sendiri selama bisnis Anda masih dalam fase startup. Anda harus menyadari apa yang Anda butuhkan dan bagaimana dana yang Anda punya dapat mensupport Anda untuk 1-2 tahun ke depan.

  1. Terlalu Optimis Selama Perencanaan

Ini juga salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para entrepreneur baru. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh optimis, ya! Optimis boleh saja, bahkan harus. Tapi, jujurlah dengan diri Anda sendiri. Jangan pernah meremehkan atau menutup mata dari risiko-risiko sekecil apapun.

Yang lebih baik untuk Anda lakukan adalah mencari 3 sampai 5 orang yang benar-benar objektif (bukan teman atau keluarga sendiri) untuk Anda mintai pendapat dalam mengidentifikasi kelemahan perencanaan Anda.

  1. Berusaha Melakukan Semuanya Sendiri demi Menghemat Uang

Mungkin Anda berpikir bahwa terjun langsung ke lapangan merupakan ide bagus. Tidak salah, tapi jangan lupakan keterbatasan Anda sebagai manusia. Anda tidak mungkin ahli dalam setiap area bisnis. 

Selain itu, di dunia ini kita hanya mendapat waktu 24 jam untuk hidup. Dalam bisnis, waktu adalah uang. Maka, pikirkan dengan baik di area mana Anda harus menginvestasikan energi Anda. Apakah pada bagian konten, produk, service, hubungan dengan klien, dsb. Terlalu banyak hal yang harus dilakukan jika Anda hanya bekerja sendiri.

Yang lebih baik untuk Anda lakukan adalah memikirkan dengan matang di area mana Anda harus menginvestasikan energi Anda dan manfaatkan orang lain dengan keahliannya di masing-masing bidang.

  1. Memasang Harga Terlalu Rendah atau Terlalu Tinggi

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Untuk menghindari kesalahan ini, hal yang lebih baik untuk Anda lakukan adalah melakukan penelitian untuk menentukan harga produk atau service untuk menetapkan nilai harga di awal.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui 4 hal yang harus dihindari sekaligus 4 hal yang lebih baik Anda perhatikan saat membangun start up. Semoga berhasil, ya!

Jangan lupa buat info ini tidak berhenti di Anda. 🙂

Leave a comment

©drife 2021. All Rights Reserved.

en_USEnglish