Digital Marketing | August 8, 2018 10:29 am

Tips agar Landing Page Menjadi Lebih Relevan

Pengertian dari landing page adalah halaman website yang muncul saat diakses maupun dikunjungi. Dalam dunia digital marketing, landing page merupakan laman khusus pada website yang terpisah dari bagian lainnya. Lebih tepatnya, landing page biasanya dirancang khusus bagi pengguna untuk mengarah pada sesuatu yang lebih spesifik. Jadi kesimpulannya adalah landing page merupakan laman yang mengacu pada sebuah “action” yang akan dilakukan pengguna untuk pencapaian konversi.

Simak tips berikut ini supaya landing page menjadi lebih relevan agar dapat menarik perhatian pengunjung

1) Buatlah Landing Page yang Jelas dan Konsisten sesuai dengan Pesan Iklan

Ketika Anda menggunakan AdWords untuk mempromosikan penjualan melalui situs website, pastikan promosi Anda tetap sama sepanjang masa iklannya habis. Inilah yang disebut sebagai kecocokan pesan. Misalnya, jika iklan PPC Anda mempromosikan harga apartemen murah, maka pada landing page juga harus memberikan informasi mengenai harga apartemen murah. Atau jika iklan PPC Anda menyorot tentang potongan harga tiket pesawat, maka landing page wajib memberikan arahan bagaimana cara agar pengguna dapat menikmati harga potongan untuk tiket pesawat tersebut.

Bahasa dalam iklan juga harus serupa dengan landing page guna memberikan efek positif pada laman website Anda. Hal ini akan dinilai sebagai kualitas skor situs website Anda oleh mesin pencarian.

2) Buatlah Konten Menarik dan Asli pada Setiap Landing Page

Orisinalitas

Tentu tidak menarik hati jika pengunjung diarahkan pada halaman yang berbeda-beda namun isi konten tetaplah sama. Oleh karena itu, jangan pernah menyalin konten Anda dari satu landing page ke landing page lainnya. Buatlah konten baru untuk setiap landing page dan ciptakanlah keunikan maupun spesifikasi yang sesuai dengan iklan. Informasi yang berbeda dan berguna pada setiap halamannya akan dihargai oleh mesin pencarian dan pengunjung.

 Penentuan Ketertarikan Pengunjung

Jika Anda menjalankan promosi iklan melalui AdWords dengan benar, itu berarti merupakan sebuah harapan bagi landing page Anda agar dapat dimasuki oleh pengunjung. Landing page yang pertama kali dilihat oleh pengunjung juga merupakan tempat penentu bagi pengunjung untuk terkesan atau tidak pada promosi Anda.

Ada 2 cara untuk membuat pengunjung tertarik:

  • Rangkailah kata-kata agar menjadi sebuah kalimat yang jika dibaca menimbulkan kesan ramah pada pengunjung.
  • Langsung ke titik poin pembahasan dan jangan bertele-tele.

3) Sampaikan Keunikan Bisnis yang Dimiliki

Sampaikan sesuatu yang unik pada pengunjung situs website Anda. Beritahukan mengapa bisnis Anda lebih unik dan alasan mereka harus memilih produk Anda daripada kompetitor sejenis. Gunakan penyampaian marketing yang lugas dan menarik pada iklan dan landing page. Misalnya saja bisnis Anda menawarkan produk yang dapat dicicil dengan bunga 0%, maka beritahukan di iklan untuk menarik pengunjung agar meng-klik tautan yang menuju ke landing page Anda.

4) Membangun Kepercayaan

Bangunlah hubungan emosional pada pengunjung. Hal ini sangat penting bagi bisnis Anda untuk memprospek pengunjung dan mengonversikannya menjadi sebuah penjualan. Untuk itu buatlah sinyal kepercayaan pada iklan PPC dan landing page Anda. Ada dua bentuk sinyal kepercayaan paling umum yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Cantumkan Informasi Kontak

Jangan menyembunyikan informasi kontak bisnis Anda pada pengunjung karena hal itu dapat membuat mereka tidak percaya dengan bisnis yang Anda jalankan. Biarkan mereka mengakses Anda dengan menghubungi kontak bisnis Anda seperti alamat dan nomor telepon perusahaan.

  • Sisipkan Bukti Sosial

Merupakan sebuah ulasan, peringkat, atau testimonial dari pelanggan sebelumnya. Memanfaatkan ulasan dari orang lain adalah sebuah cara yang bagus untuk meyakinkan pengunjung bahwa apa yang mereka baca pada landing page dapat dipercaya. Walaupun tidak dapat ditampilkan secara keseluruhan, Anda dapat menggoda pengunjung dengan cuplikan ulasan pada landing page Anda.

Jika Anda menerapkan tips di atas untuk mengoptimalkan landing page bisnis Anda, maka akan semakin banyak pengunjung berpotensi yang dapat mengubahnya menjadi penjualan bagi usaha Anda.