Digital Marketing | August 7, 2018 2:25 pm

Strategi Jitu Melakukan Pemasaran Melalui Google

Banyak perusahaan yang menginginkan situs website perusahaannya muncul pada halaman utama mesin pencarian. Namun apakah Anda bisa melakukannya dengan sekian banyak kompetitor? Beberapa orang menganggap bahwa sebuah bisnis yang terkenal maka secara otomatis tautan situs website-nya akan berada di halaman pertama mesin pencarian Google. Namun sebenarnya hal itu tidaklah tepat.

Lalu bagaimana caranya agar perusahaan dapat melakukan pemasaran melalui Google?

1. Search Engine Optimization (SEO)

Seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya Pengertian SEO, dan Kenapa Harus Pakai SEO? Search engine optimization merupakan cara organik yang dapat membuat situs website perusahaan Anda berada pada halaman pertama di mesin pencarian. Ini dilakukan dengan cara melakukan beberapa perubahan di dalam situs website ataupun melakukan beberapa strategi di luar situs website. Berikut cara mengoptimalkan situs Anda agar berada pada halaman pertama mesin pencarian:

  • Menggunakan kata kunci tertentu yang relevan dengan produk penjualan Anda.
  • Gunakan judul yang menarik untuk mengundang klik.
  • Menggunakan link antar-halaman dalam satu blog maupun situs website.
  • Kurangi penggunaan bold, italic, dan underline karena akan membuat pembaca menjadi bingung dan ingin cepat-cepat keluar dari situs website Anda.
  • Menggunakan URL pendek yang mengandung kata kunci utama.
  • Optimasikan meta deskripsi.
  • Tuliskan artikel yang panjang dan mudah dipahami.

Utamakan tulisan yang berkualitas agar berguna bagi pembaca. Semakin banyak yang berkunjung ke situs website Anda, maka semakin besar pula potensi yang dimiliki untuk dapat berada pada halaman utama mesin pencarian.

2. Google AdWords

Merupakan platform periklanan dari Google yang memudahkan Anda untuk mengatur iklan bisnis Anda sendiri. Di sini Anda dapat mengatur tempat penempatan iklan di jaringan Google, bahasa, lokasi target pasar, dan lain sebagainya. Jika Anda dapat menggunakan alat ini dengan benar, maka akan meningkatkan penjualan Anda. Karena fitur yang ada di dalamnya semakin kompleks yang dapat memudahkan Anda merencanakan strategi pemasaran online tanpa batas.

Anda dapat menargetkan calon konsumen berdasarkan kata kunci, topik, lokasi, hingga waktu. Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran untuk memulai pemasaran, namun akan lebih baik jika Anda memulainya dengan anggaran minimum Rp 50.000 per hari. Ada beberapa cara pembiayaan pada AdWords:

  • Pay per Click (Biaya per Klik)

Anda akan dikenakan biaya jika setiap kali ada yang mengklik iklan bisnis Anda. Namun jika mereka hanya melihatnya saja tanpa mengklik, maka Anda tidak akan dikenakan biaya sedikit pun.

  • Pay per Thousand Impression (Biaya per 1000 Impresi)

Anda wajib dikenakan biaya jika 1000 orang telah melihat iklan Anda. Ini merupakan cara yang tepat bila menginginkan iklan bisnis Anda dilihat oleh banyak orang atau membangun kesadaran di pasar.

  • Pay per Conversion (Biaya per Konversi)

Anda hanya akan dikenakan biaya jika tujuan iklan Anda terpenuhi. Tujuan tersebut dapat berupa pendaftaran member, penjualan, lama waktu kunjungan situs, dan lain sebagainya.

Untuk memulai mempromosikan bisnis Anda menggunakan AdWords, Anda perlu mendaftar melalui http://adwords.google.com kemudian ikutilah langkah-langkahnya sesuai dengan petunjuk.

Lebih baik jika Anda mempelajari dahulu kedua cara ini agar bisnis Anda dapat dikenal luas oleh pengguna internet melalui Google.