Digital Marketing | July 18, 2018 10:10 am

Pengertian SEO, Dan Kenapa Harus Pakai SEO?

Tidak banyak orang menyadari bahwa dalam menulis sebuah artikel di media digital membutuhkan SEO. Namun tak sedikit orang yang memahami apa itu SEO dan mengapa harus menggunakan SEO. Search Engine Optimization atau Optimisasi Mesin Pencari (SEO) merupakan suatu cara untuk membuat situs atau blog kita berada pada tingkat visibilitas pada mesin pencarian. Pengertian lebih mudahnya, SEO akan membuat sebuah situs web masuk ke dalam deretan terdepan di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, atau Bing.

Jadi, di saat pengguna internet ingin mencari suatu konten dengan memasukkan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan isi konten yang ada di situs Anda, maka situs web Anda akan muncul di halaman pertama mesin pencarian. Kenapa harus pakai SEO? Karena ini merupakan sebuah pemicu agar semakin banyak pengguna internet yang mengunjungi situs Anda. Jika masih bingung dengan pengertian SEO, berikut ilustrasi SEO secara singkat.

Ilustrasi SEO

Sebuah perusahaan mobil memiliki situs web yang di dalamnya terdapat daftar harga untuk jenis mobil tipe A, tipe B, dan tipe C. Jika pada situs web menggunakan SEO yang benar, ketika ada pengguna yang mencari keyword “harga mobil tipe A”, maka situs web perusahaan mobil ini akan muncul pada halaman pertama di mesin pencarian. Seperti itulah sedikit gambaran mengenai aktivitas SEO yang tepat sasaran. Situs akan mudah ditemukan oleh konsumen yang tentunya akan menguntungkan bagi perusahaan.

Kenapa Harus Pakai SEO?

SEO memiliki keunggulan yang sangat berpengaruh pada sebuah situs web, apalagi pada situs perusahaan yang menjual produk maupun jasa. Berikut alasannya mengapa sebuah situs harus menggunakan SEO.

1. Meningkatkan Lalu Lintas Pengunjung

Semakin banyak pengguna internet yang mencari isi konten yang ada di situs Anda sesuai dengan keyword tertentu, maka semakin banyak pula yang mengunjungi situs web Anda. Hal itu dikarenakan tautan yang mengarah ke situs Anda berada pada halaman utama di mesin pencarian.

2. Meningkatkan Penjualan

Jamaknya pengguna internet saat ini membuat orang-orang lebih banyak mencari suatu produk atau jasa melalui mesin pencarian. Jika situs perusahaan Anda menggunakan SEO yang baik dan benar, maka mesin pencarian akan mengarahkan pengguna untuk masuk ke dalam situs perusahaan Anda. Calon konsumen yang berkunjung biasanya adalah mereka yang sudah siap membeli.

3. Konsumen yang Mencari Jasa atau Produk

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk menjual suatu produk atau jasa membutuhkan seorang marketing untuk melakukan penjualan. Hal tersebut memang efektif, namun akan lebih terbantu lagi jika sebuah perusahaan menggunakan SEO untuk situs web-nya. Karena zaman digital membuat orang-orang lebih banyak mengandalkan internet untuk mencari suatu jasa atau produk. Dan bukan pemilik perusahaan yang sibuk mencari konsumen.

4. Biaya yang Minim tapi Efektif

Jika dibandingkan dengan menjual jasa atau produk menggunakan iklan, SEO tentu memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Apalagi bagi Anda pemilik usaha kecil-kecilan yang memiliki keuangan terbatas namun menginginkan usaha Anda dikenal oleh calon konsumen. Anda dapat membuat sendiri situs menggunakan SEO atau jika tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa SEO yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan iklan.

Itulah alasannya mengapa SEO penting bagi sebuah web. Jika Anda pemilik bisnis di zaman yang serba digital ini, tentunya akan membutuhkan sebuah situs web agar tak tersaing dengan kompetitor sejenis. Namun apabila situs Anda tidak menggunakan SEO yang baik dan benar, maka jangan berharap jika calon konsumen akan melirik produk atau jasa di perusahaan yang Anda miliki.