Digital Marketing | August 11, 2018 6:24 pm

Kumpulan Tools untuk Riset Keyword SEO

Keyword merupakan hal yang penting dilakukan oleh para pemilik bisnis online. Masih banyak para pebisnis yang melupakan pentingnya meriset kata kunci bagi konten mereka. Padahal jika menyisipkan keyword tertentu pada konten akan berdampak positif bagi kelangsungan situs website sekaligus bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset kata kunci sebelum memulai untuk membuat sebuah konten.

Berikut kumpulan tools untuk riset keyword SEO:

  1. Google Keyword Planner

Keyword Planner adalah tempat terbaik untuk melakukan riset kata kunci. Tools ini dirancang untuk membuat iklan, namun dapat Anda gunakan untuk meneliti kata kunci organik. Di Google Keyword Planner, Anda dapat:

  • Mencari ide keyword dan grup iklan.
  • Mendapatkan volume pencarian untuk daftar kata kunci atau mengelompokkannya ke dalam grup iklan.
  • Mendapatkan perkiraan traffic untuk daftar kata kunci.
  • Menggandakan daftar kata kunci untuk mendapatkan ide kata kunci baru.

harus memerhatikan ide kata kunci dan ide grup iklan, karena keduanya dapat membantu konten Anda agar sesuai dengan SEO.

  1. Moz’s Keyword Explorer

tools baru dari Moz yang menambahkan beberapa dimensi tambahan untuk meriset kata kunci. Moz’s Keyword Explorer menawarkan:

  • Peluang jumlah klik yang bisa Anda dapatkan
  • Menganalisis kompetitor di SERP secara langsung

Sebenarnya tools ini berbayar, namun bisa Anda nikmati secara gratis selama 30 hari dengan fitur terbatas. Data volume kata kunci menggunakan Bahasa Indonesia juga terbilang kurang lengkap. Tetapi ada sebagian juga yang lengkap hanya untuk keyword tertentu.

  1. KWFinder

Anda dapat melihat kata kunci yang ingin diterapkan dan mengetahui volume kata kunci tersebut hingga menganalisis posisi SERP pada kata kunci tersebut. Fitur pada KWFinder memang cukup lengkap, namun fiturnya akan terbatas pada versi gratis. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui bagaimana mencari kata kunci turunan dan mencari kata kunci terbanyak di Google agar dapat menentukan kata kunci mana yang harus Anda gunakan.

  1. Keyword Tool

Fitur pada keywordtool.io adalah salah satu tools yang paling sering digunakan di dunia. Ini merupakan tools yang direkomendasikan oleh para praktisi SEO. Pada tools ini tersedia dua versi yaitu gratis dan berbayar. Data yang disajikan lebih akurat dengan volume data keyword untuk versi berbayar. Selain itu juga tersedia layanan akses API.

  1. Google Suggest

Ini merupakan cara yang cepat dan mudah dalam mencari kata kunci akurat namun banyak yang belum menyadarinya. Google Suggest muncul di saat banyak orang mencari kata kunci tertentu dengan IP berbeda. Anda dapat melihat banyak kata kunci terkait dari hasil pencarian Google. Untuk data lengkap jumlah volume, Anda dapat menggunakan GKP.

  1. UberSuggest

UberSuggest adalah tools riset long tail keyword terfavorit para penulis. Tools ini agak mirip dengan Google Suggest, tetapi di UbberSuggest, Anda bisa memilih long tail keyword yang Anda mau, misalnya jika Anda kesulitan mencari kata kunci “jual alat kantor murah”, maka Anda bisa mencari long tail keyword di UbberSuggest dan menemukan kata kunci “jual alat kantor murah meriah”. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua kata kunci bisa digunakan. Jadi, lakukan filter sebelum menggunakan hasil kata kunci.

  1. SERP’s

Tools satu ini terbilang cukup simpel tetapi tetap dapat membantu Anda mencari kata kunci yang tepat. Apalagi tools ini sangat membantu mencari kata kunci turunan. Hasilnya cukup memuaskan walaupun terbatas. Anda bebas mencari kata kunci turunan atau long tail keyword menggunakan tools ini. Gunakan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Gunakan tools tadi sebijak dan sebaik mungkin untuk mencari kata kunci yang relevan bagi bisnis Anda.