Digital Marketing | July 26, 2018 2:58 am

Kenapa Title Tag Penting untuk SEO?

Title tag adalah judul sebuah blog maupun website. Title tag sangat memudahkan pengguna internet untuk mengetahui inti dari isi konten yang ditampilkan. Dalam dunia SEO, tentunya judul atau title tag ini sangat berperan penting karena merupakan faktor dasar mesin pencarian untuk mengukur relevansi dari kata kunci yang dicari oleh pengguna. Oleh karena itu, title tag perlu dioptimalkan agar semakin banyak pengguna yang berkunjung ke situs website Anda.

Pengguna internet akan memutuskan untuk meng-klik atau tidaknya tautan situs web Anda, itu semua tergantung dari title tag. Jadi sebaiknya title tag mengandung kata kunci yang memudahkan mesin pencarian menampilkan tautan situs website Anda untuk disajikan kepada pengguna. Dan pastikan juga bahwa judul yang tersemat mencerminkan isi konten, agar pengguna tidak merasa tertipu saat membukanya. Pikirkan sebuah kalimat pendek menarik yang menggambarkan isi konten Anda.

Bagaimana Cara Membuat Title Tag?

1. Jangan Membuat Judul yang Terlalu Panjang atau Terlalu Pendek

Untuk title tag yang ideal, Anda hanya perlu menulis judul sebanyak 40 hingga 65 karakter saja. Hal itu dikarenakan search engine biasanya hanya akan menampilkan judul yang panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Ini dimaksudkan agar judul konten Anda terbaca seluruhnya di halaman mesin pencarian dan membawa pengguna menggambarkan apa isi konten Anda.

2. Berikan Unsur Keyword di Depan Title Tag

Masih banyak yang belum menyadari bahwa keyword pada judul sebaiknya disematkan pada awal kalimat. Mengapa? Karena setiap kata dalam SEO dihitung terpisah. Kata yang diletakkan di depan title tag akan mendapatkan poin besar dan semakin ke belakang maka semakin kecil pula poinnya. Sebagai contoh, buatlah judul seperti “Rekomendasi Kosmetik Penghilang Jerawat yang Ampuh” agar ketika pengguna mencari kata kunci “rekomendasi penghilang jerawat”, maka tautan situs Anda akan muncul di halaman mesin pencarian.

3. Tulis Kalimat Judul dengan Jelas dan Deskriptif

Menulis title tag harus jelas dan deskriptif. Jangan menggunakan kalimat asal maupun potongan kata tanpa makna. Buatlah title tag yang bisa membuat pengguna memprediksi isi konten hanya dengan membaca judulnya saja. Sebagai contoh judul yang benar adalah “Merek Obat Flu Paling Manjur” dan contoh penulisan judul yang salah adalah “Obat Manjur-Obat Flu-Dijamin Sembuh”.

4. Berikan Judul yang Unik pada Setiap Halaman

Jangan menggunakan judul yang sama pada konten yang berbeda. Walaupun belum tentu isi konten tersebut sama persis, tetapi search engine akan mendeteksi isi konten yang paling unik untuk dicatat ke dalam index. Jadi anggaplah title tag merupakan identitas yang harus diciptakan seunik mungkin pada setiap halaman website.

5. Judul Harus Relevan dengan Isi Konten

Sebuah judul merupakan penentu konten Anda akan dilirik atau tidak oleh para pengguna. Oleh karena itu, buatlah judul yang relevan dengan isi konten agar pengguna internet tak merasa tertipu dengan apa yang mereka klik. Sebagai contoh, jika judul bertuliskan “Daftar Smartphone Murah di Bawah 2 Jutaan”, tentu isi konten yang diharapkan berupa merek ponsel pintar dengan harga yang benar-benar di bawah 2 juta berikut harganya secara detail, bukan rekomendasi toko ponsel murah meriah, karena itu akan sangat tidak relevan.

Jadi kesimpulannya, kenapa title tag penting untuk SEO? Karena hal tersebut memainkan peran penting dalam SEO. Title tag ini merupakan faktor utama yang akan menjelaskan isi dari sebuah konten atau halaman website. Bagian inilah yang akan di tampilkan di mesin pencarian saat pengguna mencari kata kunci. Tentunya hal ini akan membantu agar situs website milik Anda dibanjiri pengunjung yang akan berpengaruh pada penjualan suatu jasa maupun produk.