Digital Marketing | August 9, 2018 3:42 pm

Cara Mengoptimalkan Konten yang Mengandung SEO

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini sebagian besar penjualan dilakukan melalui media digital. Memiliki sebuah situs web bukanlah senjata yang ampuh untuk melakukan strategi penjualan tanpa adanya optimalisasi pada situs tersebut. Sudah banyak perusahaan produk maupun jasa yang situs web-nya berada pada halaman utama mesin pencarian. Tanpa mengoptimalkan situs web perusahaan, maka akan semakin sulit bagi calon konsumen menemukan situs perusahaan Anda karena tertutup oleh banyaknya situs dari kompetitor sejenis.

Agar tautan situs perusahaan Anda dapat berada sejajar dengan situs perusahaan sejenis di mesin pencarian, maka Anda perlu mengoptimalkan situs dengan cara mengoptimalkan konten seperti berikut ini:

  1. Gunakan Keyword atau Kata Kunci

Ini salah satu yang terpenting dalam mengoptimalkan situs web milik Anda. Kata kunci ini yang akan menentukan tautan situs Anda terdapat pada halaman utama mesin pencarian. Buat kata kunci yang paling banyak dicari di mesin pencarian oleh para pengguna internet, namun jangan melenceng dari isi kontennya. Tetap berikan konten yang informatif dan mampu menjawab pertanyaan para pengguna.

Misalnya konten Anda mengusung tema smartphone, maka sematkan kata kunci “gadget gaming paling bagus“. Ketika kata kunci tersebut diketik oleh pengguna internet, maka tautan situs Anda akan muncul di halaman paling depan mesin pencarian yang memang benar-benar memberikan informasi mengenai ponsel untuk bermain game terbaik. Jika hasil pencarian terlalu banyak untuk kata kunci tersebut, maka ubahlah dengan kata kunci yang hasil pencariannya lebih sedikit namun tetap mengacu pada isi konten Anda.

  1. Berikan Konten Terbaik

Lakukan penelitian pada situs kompetitor sejenis dan temukan kekurangannya. Lengkapi konten yang kurang tersebut pada konten Anda yang dirasa memang penting untuk diketahui oleh calon konsumen. Untuk menulis konten terbaik memang sulit dilakukan, namun ini merupakan bagian terpenting. Karena pastinya konsumen akan lebih tertarik dengan isi konten yang informatif mengenai keyword yang mereka cari.

  1. Konten Harus Relevan

Selain itu, buatlah konten yang memiliki banyak manfaat dan juga relevan. Jangan memberikan tautan yang menyesatkan. Karena search engine dapat menganalisis konten mana yang informatif dan tidak. Jika konten Anda terdeteksi tidak memiliki informasi yang akurat, maka tautan situs web Anda akan cepat hilang di mesin pencarian.

  1. Rutin Memperbarui Konten

Konten yang baru akan dianggap lebih relevan daripada konten lama oleh mesin pencarian. Buatlah sebuah jadwal untuk memperbarui konten secara berkala, atau jika memungkinkan buatlah konten baru yang menarik bagi konsumen. Jika konten selalu baru, maka mesin pencarian akan semakin sering mengunjungi situs web milik Anda.

  1. Buat Judul yang Lebih Menarik dan Subjudul Relevan

Judul konten harus dibuat semenarik mungkin agar mendapat banyak peminat. Sebuah judul konten memiliki efek yang cukup berpengaruh untuk menarik lebih banyak pengunjung. Lebih baik lagi jika judul konten mengandung kata kunci yang dipadupadankan dengan kata-kata lainnya agar tercipta sebuah judul menarik. Selain itu buatlah subjudul yang relevan juga agar isi konten lebih terorganisir dan enak dibaca.

  1. Bagikan Tautan Situs Web

Seringlah memanfaatkan media sosial untuk menyematkan tautan yang mengarah pada situs web Anda. Atau sisipkan nama situs web Anda pada kartu nama yang digunakan untuk promosi perusahaan Anda kepada konsumen.

  1. Sajikan Konten Hanya untuk Pengguna

Perlu diingat bahwa konten yang dibuat adalah untuk dibaca oleh orang lain. Oleh karena itu, gunakanlah bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, buatlah konten yang jujur dan jangan menyesatkan pembaca. Berikan pula informasi yang lengkap agar dapat membantu pengguna. Dan gunakan pengucapan dengan kalimat yang jelas dan terstruktur.

Tujuan Anda sama dengan mesin pencarian yaitu memberikan informasi yang penuh manfaat. Jika isi konten Anda terdeteksi informatif bagi para pengguna, maka mesin pencarian akan menghargai konten Anda dengan menempatkan tautan situs web Anda di halaman depan search engine.