Digital Marketing | August 6, 2018 2:56 pm

Cara Menentukan Kata Kunci yang Tepat untuk SEO

Keyword atau kata kunci adalah sebuah kata atau kumpulan kata yang digunakan para pengguna internet untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Bila diartikan, maka keyword atau kata kunci merupakan susunan suku kata atau bisa juga satu kata yang diketik pada mesin pencarian. Misalnya saja seorang pengguna internet hendak membeli sebuah rumah di daerah Jakarta, pastinya ia akan membutuhkan informasi mengenai harga rumah tinggal, maka secara otomatis pengguna tersebut akan mengetikkan keyword “harga rumah di Jakarta” pada mesin pencarian. Keyword tersebut diharapkan akan merujuk pada beberapa tautan yang mengarah pada harga rumah, deskripsi rumah, maupun alamat lengkap rumah yang diinformasikan.

Ada dua kategori keyword yang saling berkaitan atau bisa juga tidak saling berkaitan sama sekali, yaitu:

Short Tail Keyword

Merupakan kata kunci yang terdiri dari satu suku kata saja. Short tail yang paling populer berupa nama brand sebuah produk atau nama media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Dengan mengetikkan satu kata saja, maka sudah pasti tautan yang muncul pada halaman pertama mesin pencarian sangat relevan dengan apa yang diinginkan pengguna.

Long Tail Keyword

Sebaliknya, long tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri lebih dari dua suku kata bahkan bisa lebih. Atau dapat dikatakan berupa suatu kalimat. Contoh singkatnya “Bagaimana cara membangun usaha dari awal?” atau terdiri dari dua suku kata dengan maksud bertanya contohnya “Cara usaha”. Dalam sebuah situs biasanya long tail keyword terdapat pada isi kontennya.

Jika ingin menentukan kata kunci yang tepat untuk SEO, Anda perlu memerhatikan tips berikut ini:

1. Hindari Target Keyword dengan Satu Kata

Misalnya saja, sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang penjualan alat elektronik menargetkan situsnya menggunakan kata “elektronik”. Kata “elektronik” memiliki index berjumlah jutaan pada mesin pencarian, sehingga membuat situs perusahaan ini harus bersaing dengan sekian banyak situs lainnya. Karena bisa saja pengguna tersebut merupakan seseorang yang sedang mencari informasi pabrik elektronik atau sedang mencari pengetahuan tentang elektronik untuk sebuah penelitian.

2. Pilihlah Kata Kunci yang Agak Panjang

Masih menggunakan perusahaan penjual barang elektronik sebagai contohnya. Jika saja situs perusahaan ini menargetkan “toko elektronik” sebagai kata kuncinya, ada kemungkinan jumlah pesaingnya akan lebih sedikit di hasil pencarian. Apalagi jika dilengkapi dengan penambahan kata lagi, misalnya lokasi toko elektronik, maka kata kuncinya berupa “toko elektronik Jakarta”. Dengan menambahkan kata “Jakarta” pada keyword tersebut, berarti pengguna telah melakukan filter yang lebih spesifik dan memungkinkan pesaing toko elektronik ini lebih sedikit lagi di mesin pencarian.

3. Sematkan pada Title Tag

Title tag merupakan judul sebuah halaman atau judul sebuah konten. Sisipkan kata kunci pada title tag dengan syarat bahwa kata kunci tersebut harus sesuai dengan isi konten. Buatlah title tag seunik mungkin agar tidak dianggap sebagai duplikat konten oleh mesin pencarian.

4. Manfaatkan Tools

Manfaatkanlah tools periset kata kunci guna mendapatkan kata kunci yang tepat untuk SEO. Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk meriset kata kunci, yaitu seperti Ubersuggest, Google Keyword Planner, Ahrefs, Keywordtool.io, Hittail, dan yang lainnya. Tentu saja semuanya memiliki kelebihan masing-masing seperti Google Keyword Planner yang dapat menampilkan tingkat persaingan kata kunci atau Ubersuggest yang dapat memperlihatkan sugesti kata kunci turunan, dan Hittail yang menampilkan kata kunci panjang.

5. Gunakan Keyword dengan Persaingan yang Minim

Menggunakan kata kunci yang banyak dicari sudah tentu akan banyak juga pesaingnya. Ini membuat kata kunci yang merujuk ke tautan situs Anda akan sulit ditembus. Oleh karena itu, tak ada salahnya mencari kata kunci yang minim persaingan. Lalu lintas pengunjung yang tidak seberapa tidak perlu di permasalahkan. Bila persaingan kata kunci hanya sedikit, maka Anda berpeluang untuk masuk ke persaingan yang lebih besar.

Demikian 5 cara menentukan kata kunci yang tepat untuk SEO. Cara tersebut merupakan tips yang paling mudah dilakukan agar situs website Anda dipenuhi oleh pengunjung yang berpotensi positif bagi penjualan Anda.