General | November 1, 2018 7:43 am

Apa itu SSL dan Pengaruhnya Terhadap Organic Ranking di Google

Pada akhir 2014, Google mengumumkan bahwa sertifikat SSL akan berpengaruh pada peningkatan kualitas ranking sebuah situs. Tentu saja hal ini menjadi angin segar bagi para penyedia sertifikat SSL.

Para pemilik situs, administrator, hingga ahli SEO berbondong – bondong mendaftarkan situsnya agar memiliki sertifikat SSL. Tapi, apa itu SSL dan apa pengaruhnya terhadap ranking di Google? Baca terus ulasan berikut..

Apa itu SSL?

SSL sendiri merupakan singkatan dari Secure Socket Layer atau protokol keamanan yang melindungi data – data di dalam situs yang terdapat transaksi keuangan secara online. Hal ini tentu akan sangat menjaga kepercayaan konsumen yang melakukan proses jual – beli pada e-commerce atau online shop. Akan tetapi, patut diketahui bahwa meskipun situs Anda tidak memiliki laman pembayaran atau transaksi keuangan, Anda masih bisa mendapatkan manfaat SEO dengan memasang sertifikat SSL pada situs.

Hal yang paling mudah dilihat dari situs kita setelah mendapat sertifikat SSL adalah URL “http” berubah jadi “https”. Huruf s atau “secure” menjadi indikasi jika laman situs kita sudah terlindungi dengan sertifikasi keamanan transaksi online.

Pengaruh SSL Terhadap Organic Ranking di Google

Apa itu SSL?

Sebagai perusahaan raksasa teknologi internet dunia, Google telah mendorong semua situs agar mengamankan informasi para pengguna internet dengan sertifikat SSL. Untuk lebih menggencarkan gerakan keamanan ini, Google akan memberikan “hadiah” atau reward kepada situs yang dilengkapi sertifikat SSL dengan peringkat atau ranking pada mesin pencarian.

Para pemilik situs tertentu bahkan bisa menaikkan ranking Google sebesar 47 persen hanya dalam waktu 7 hari. Sementara, bagi para pelaku UKM online, blogger atau pemilik situs pribadi, bisa menggunakan sertifikat SSL untuk melindungi setiap informasi yang bersifat pribadi dari pihak ketiga.

Bonusnya lagi, sertifikat SSL juga bisa mengamankan situs meskipun pengguna tidak mengetikkan URL “WWW”. Jadi, apa pun yang diketik pengguna di bilah peramban (browser), aktivitas berinternet akan tetap aman.

Mengapa Menggunakan Sertifikat SSL?

Sertifikat SSL atau Secure Socket Layer secara luas dipakai untuk mengamankan transfer data ketika pengunjung situs memasukkan informasi rincian kartu kredit atau data sensitif lainnya, seperti login, info perbankan, detail data identitas pribadi dan data keuangan lainnya.
Setiap orang tentu ingin mendapatkan jaminan keamanan saat bertransaksi di dunia maya. Dengan adanya Secure Socket Layer Certificates, keamanan data online bisa terwujud dan memberikan rasa nyaman dan aman saat bertransaksi online.
Dapat dikatakan, Sertifikat SSL menjadi indikator kepercayaan yang menunjukkan jika koneksi ke situs dijamin aman dan sudah diverifikasi dengan Sertifikat SSL yang sah.

Sertifikat SSL untuk Organic Ranking

Apa itu SSL dan Pengaruhnya Terhadap Organic Ranking di GoogleSaat ini membangun peringkat di Google melalui organic search membutuhkan keuletan dan kerja keras dari ahli SEO. Sebelum bisa menuai hasilnya secara memuaskan, banyak tahapan dan proses yang harus dilalui demi mendapatkan posisi ranking di halaman pertama dan teratas mesin pencari Google.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Keuntungan dari Teknologi Google Display Network

Namun, sembari membangun backlink dan membuat konten yang berkualitas untuk halaman SEO situs Anda, pertimbangkan untuk mendapatkan Sertifikat SSL.

Pasalnya, dengan mendapatkan Sertifikat SSL maka situs Anda bisa meraih posisi yang lebih baik di laman pencarian Google secara cepat dan mudah. Bertengger di hasil pencarian Google teratas dan pertama merupakan impian setiap pemilik situs. Jangan mengabaikan

dari segi keamanan karena sangat penting untuk mempertahankan organic ranking di Google dalam jangka panjang. Tak perlu ragu, inilah saat yang tepat untuk menghemat waktu dan mendapatkan Sertifikat SSL agar meningkatkan hasil ranking situs Anda di mesin pencari Google.