General | March 21, 2018 9:33 am

7 Konsep Pemasaran Ampuh di Era Digital

Internet telah menghilangkan ruang ganti, mengacaukan kecepatan informasi menjadi sekejap mata saja. Jika dulu kita harus menanti koran pagi untuk mengetahui berita yang lalu, kini kita bisa mendapatkan informasi hanya dalam beberapa detik.

Komunikasi jarak jauh yang dulu butuh biaya mahal, kini menjadi jauh lebih murah bahkan gratis.

Era digital telah menciptakan sebuah ruang baru, ruang digital, yang memberikan kesempatan yang sama untuk semua orang dan bisnis.

Jika memungkinkan dengan tepat, digital dapat menjadi. Untuk yang ampuh. Tak heran banyak pebisnis muda, dan bisnis yang hijau, sudah mampu meraup keuntungan yang melimpah.

Berikut ini 7 Konsep ampuh, yang dapat Anda lakukan di era digital ini. Dengan menggunakan 7 konsep ini, Anda dapat meningkatkan bisnis Anda ke tahap yang lebih tinggi.

Apa saja?

 

1. Search Engine Optimization (SEO)

Secara kasar, Search Engine Optimization atau SEO adalah mengutak atik situs Anda yang ada di peringkat teratas Google / Yahoo / Bing, membuat kami mencari mesin.

Google secara online mengeluarkan algoritme mereka, yaitu hasil pencarian yang terbaik dan terupdate. Ini juga dilakukan sebagai upaya mengatasi manipulasi algoritma dan black hat SEO yang dilakukan pihak-pihak yang ingin bermain curang.

SEO adalah salah satu langkah yang paling murah, mengingat banyak alat SEO gratis dan tutorial sederhana yang dapat Anda coba. Namun, bila dilakukan sendiri, SEO akan sangat memakan waktu dan pikiran.

Namun jika berhasil, ini adalah ampuh yang efektif, yang membawa lalu lintas organik ke situs atau bisnis Anda.

 

2. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing atau SEM sebenarnya masih terkait dengan SEO, namun strategi ini berbayar.

Search Engine Marketing melibatkan pemasaran dan beriklan di mesin pencari, seperti Google dan Yahoo. Konsep pembayaran SEM sendiri bisa berupa bayar per klik (CPC) dan bayar per seribu kali impresi (CPM).

Biaya beriklan di mesin pencari sebenarnya tergolong murah. Namun, karena melibatkan transaksi uang, maka Search Engine Marketing perlu dilakukan dengan cermat.

 

3. Pembuatan Konten

Dengan semakin cerdasnya konsumen, beriklan dengan sistem hard selling tampaknya sudah mulai tidak dipercaya. Konsumen ingin mengenal lebih dekat sebuah produk dan manfaatnya, sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Di sinilah konten dapat menjadi cara jitu untuk memasarkan produk.

Konten dapat ditampilkan dalam bermacam format. Bisa berupa artikel blog, e-book, studi kasus, gambar, banner, infografik, podcast, webinar, video, atau post di sosial media.

Tak hanya untuk memasarkan produk, kreasi konten juga dapat menjadi sarana untuk branding produk atau bisnis Anda. Selain itu bila konten yang Anda hasilkan benar-benar berkualitas, konten tersebut dapat menjadi viral, yang mengakibatkan semakin banyak orang mengenal produk Anda.

Perlu kreativitas untuk membuat konten yang baik, tetapi bila berhasil, manfaat yang didapat akan bertahan lama.

 

4. Mobile Marketing

Pernahkah Anda melihat aplikasi atau game yang dibuat berdasarkan produk tertentu? Ini adalah contoh dalam penerapan mobile marketing.

Tak hanya itu, situs atau aplikasi yang dibuat khusus untuk perangkat gerak juga bisa disebut sebagai mobile marketing.

Anda juga bisa melakukan pemasaran berbayar melalui mobile, salah satu caranya dengan beriklan melalui Admob.

5. Email Marketing

Email marketing tampaknya diabaikan oleh sebagian pebisnis, dengan pemikiran bahwa tak banyak pengguna di Indonesia yang aktif menggunakan email.

Padahal, apabila ceruk pasarnya benar dan strateginya tepat, email marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif.

Email marketing sendiri bisa Anda mulai dengan email yang Anda punya. Anda bisa mengirimkan promosi atau informasi terkait produk Anda pada kontak email. Hal ini sudah bisa disebut email marketing.

Cara seperti ini cukup untuk memulai, namun bila dikirim ke terlalu banyak kontak, biasanya pihak penyedia layanan email (Gmail/Yahoo) akan menganggapnya sebagai spam, sehingga tidak dibuka.

Cara lanjutannya adalah menggunakan tools email marketing seperti Mailchimp, Aweber, atau GetResponse. Tools ini berbayar, namun akurasi tinggi dan hasilnya bisa dilihat dengan statistik.

Trik email marketing sendiri paling mudah dengan cara memberikan produk gratis, cukup dengan menuliskan alamat email calon audiens. Setelah terkumpul, database alamat email ini bisa menjadi prospek bisnis Anda.

 

6. Affiliate Marketing

Pemasaran berbasis afiliasi adalah sebuah program pemasaran berbasis performa, di mana Anda membayar publisher yang berhasil mendatangkan transaksi. Pembayaran bisa dihitung berdasarkan jangkauan promosi, database yang didapat, atau penjualan yang dihasilkan.

Affiliate marketing bisa dibilang seperti mendatangkan pihak ketiga alias makelar, dalam transaksi antara penjual dan pembeli.

Affiliate marketing memberikan kebebasan bagi para affiliate marketer untuk mempromosikan produk. Strategi pemasaran para affiliate marketer biasanya kreatif dan teruji, jadi Anda selaku pemilik produk bisa lebih tenang.

Tantangan affiliate marketing adalah produk yang dimiliki harus benar-benar bagus, dan komisi yang Anda tawarkan haruslah menarik.

Contoh bisnis yang sukses dengan afiliasi adalah Amazon dan eBay. Lazada dan Bhinneka juga memiliki sistem serupa.

 

7. Pemasaran Media Sosial

Cukup mirip dengan Search Engine Marketing, namun ini dilakukan di situs jejaring sosial.

Anda dapat mengiklankan produk Anda di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Pilihan iklan pun bermacam-macam. Ada yang hanya berupa teks, gambar, spanduk, atau iklan video.

Sasaran pun bisa dilanggar berdasarkan lokasi, tim, atau yang lainnya.

Jika Anda ragu dengan SMM, Anda bisa membuang dengan dana minim dulu. Beriklan di media sosial sendiri cukup murah, Anda dapat mulai menampilkan produk Anda mulai dari Rp 10 ribu saja.

 

Nah, Demikianlah 7 Konsep Pemasaran Ampuh di Era Digital yang dapat Anda coba. Semoga membantu!