Digital Product Design | October 17, 2018 2:50 am

5 Trend Website Development di Tahun 2018

Semakin hari, para desainer web terus mencoba mengatasi tantangan teknis yang semakin meningkat dan menciptakan situs yang ramah-pengguna, bersih, dan inovatif, konsisten dengan gaya perusahaan, dapat beradaptasi dengan setiap perangkat yang tersedia, dan mampu tampil dengan indah.

Jika Anda saat ini sedang fokus pada pengembangan desain, berikut ini prediksi kami tentang perkembangan desain situs ke depannya.

1. Drop shadows dan kedalaman situs

Penggunaan bayangan bukanlah hal baru, terus mengapa menyebutkannya?

Meskipun bayangan alias drop shadow telah lama menjadi bagian dari desain web, berkat kemajuan browser web, kita sekarang mulai melihat beberapa variasi yang menarik.

Dengan grid dan tata letak parallax, desainer web semakin berinovasi dengan bayangan lebih dari sebelumnya untuk menciptakan kedalaman dan ilusi di dunia dalam layar. Ini adalah inovasi langsung dari tren desain flat yang populer di tahun-tahun sebelumnya.

2. Skema warna dengan saturasi tinggi

2018 adalah tahun untuk warna-warna berani. Apabila di masa lalu banyak brand dan desainer yang terjebak dengan warna-warna aman, kini semakin banyak desainer yang berani dalam pendekatan mereka untuk warna, termasuk warna-warna dengan saturasi tinggi dan bersemangat, dikombinasikan dengan header yang tidak lagi berpatok pada ukuran horizontal tetapi juga bermain dengan garis miring dan sudut-sudut tegas.

3. Particle background

Latar belakang partikel adalah solusi hebat untuk masalah kinerja situs web dengan latar belakang video.

Animasi-animasi semacam ini menggunakan javascript ringan yang memungkinkan gerakan dibuat sebagai bagian alami latar belakang, semua tanpa perlu makan waktu loading yang terlalu lama.

Baca Juga: 3 Cara membuat Website anda Mobile Friendly

Mereka mengatakan bahwa sebuah gambar mengatakan lebih dari seribu kata, apalagi gambar yang bergerak. Sejalan dengan itu, latar belakang partikel dapat langsung menarik perhatian pengguna, sehingga brand bisa menciptakan kesan yang dalam tentang siapa mereka hanya dalam beberapa detik.

Selain itu, grafik gerak seperti ini telah beradaptasi dengan baik di media sosial, memberikan para prospek Anda rasa penasaran, yang mungkin bisa Anda arahkan ke landing page.

4. Mobile first

Penelusuran seluler kini secara resmi telah melampaui desktop. Hampir semua orang hari ini berbelanja dan memesan di ponsel pintar mereka. Di masa lalu, ini adalah proses membingungkan yang tidak cepat diadopsi oleh pengguna. Desainer bingung: bagaimana kita mendapatkan menu yang cukup muat di layar kecil, beserta submenu dan subsubmenu di dalamnya?

Namun kini desain ponsel telah semakin matang. Icon roll-out burger telah menjadi bagian tak terpisahkan di desain web mobile, meminimalkan menu untuk layar kecil.

Anda mungkin terpaksa harus mengorbankan foto-foto yang besar dan indah yang dikirimkan klien Anda dalam versi seluler, tetapi ikon jauh lebih ekonomis dalam hal ruang dan telah menjadi begitu umum sehingga pengguna tidak mengalami kesulitan untuk memahaminya.

Serta, masalah UX menjadi lebih mudah diidentifikasi dan diperbaiki dengan interaksi mikro yang memberi Anda umpan balik langsung pada tindakan pengguna Anda.

5. Ilustrasi Custom

Ilustrasi adalah media yang hebat dan serba guna untuk membuat gambar yang menyenangkan, ramah, dan menambahkan elemen menyenangkan ke suatu situs.

Desainer dan ilustrator berpengalaman dapat membuat ilustrasi yang penuh kepribadian dan disesuaikan dengan nada merek — apa yang semua merek perjuangkan di pasar yang semakin padat setiap tahunmua.

6. Tipografi yang besar dan berani

Typography has always been a powerful visual tool, able to create personality, evoke emotion and set tone on a website all while conveying important information. And now, because device resolutions are getting sharper and easier to read, I expect a huge increase in the use of custom fonts.

Excluding Internet Explorer, many browsers can support hand-made typefaces that are enabled by CSS for web browsers. The trend of large letters, contrasting sans serif and serif headings help create dynamic parallels, improve UX and best of all, keep the visitor reading your website.

Tipografi selalu menjadi alat visual yang kuat, mampu menciptakan kepribadian, membangkitkan emosi dan mengatur nada di situs web sembari menyampaikan informasi penting.

Dan sekarang, karena resolusi perangkat semakin tajam dan lebih mudah dibaca, kita akan melihat peningkatan besar dalam penggunaan font kustom.

Kecuali Internet Explorer, banyak browser dapat mendukung tipografi buatan tangan yang diaktifkan dengan CSS di browser web. Tren huruf besar, sans serif dan serif heading yang kontras, akan membantu menciptakan paralel dinamis, sehingga meningkatkan UX.

Dan yang terbaik dari semuanya, menjaga pengunjung membaca situs web Anda.

Nah, demikian tadi tren perkembangan website di 2018. Mana yang akan Anda terapkan di situs Anda berikutnya?