Digital Marketing | April 25, 2018 10:21 am

Belajar Google Adwords: Pentingnya Adwords untuk Bisnis 

Kapan terakhir kali Anda mencari sesuatu dengan Google?

Selama satu menit terakhir, ada 240.000 pencarian yang dilakukan dengan Google. Dalam satu hari ada 3,5 milyar pencarian, dalam satu tahun 1,2 trilyun pencarian di seluruh dunia.

Googling sudah jadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan berinternet. Sebagian besar informasi yang kita punya berasal dari pencarian Google terlebih dulu. Informasi ini dapat berupa berita terbaru, pendidikan, atau bahkan untuk mencari tahu tentang kebutuhan sehari-hari macam dokter praktik di dekat rumah, restoran yang masih buka, dan lain sebagainya.

Bayangkan bila seseorang mencari sesuatu terkait jasa Anda, dan yang muncul paling atas adalah bisnis Anda. Besar kemungkinan bisnis Anda akan kedapatan satu pelanggan baru.

Bagaimana bila hal itu terjadi seratus kali dalam sehari?

Ya, Anda bisa beriklan di Google. Adapun layanan yang digunakan untuk beriklan ini disebut Google Adwords.

Artikel kali ini akan membahas tentang Google Adwords dan pentingnya Adwords untuk bisnis Anda.

google-adwords

Apa itu Google Adwords?

Tapi sebenarnya apa itu Google Adwords? Google AdWords adalah sebuah sistem beriklan menggunakan Google. Sistemnya sendiri mudah: pengiklan akan mengajukan tawaran agar situsnya tampil paling atas saat seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di Google.

Apakah Google Adword Gratis?

Apakah Google Adwords gratis? Ya dan Tidak. Memasang iklan di AdWords tidak dikenai biaya, tapi Anda harus isi saldo iklannya dulu. Bila ternyata tidak ada yang mengklik iklan Anda, atau iklan Anda tidak mendapatkan respon apapun, saldo Anda tetap utuh. Namun bila ada respon maka saldo Anda akan berkurang. Bila saldo habis maka iklan akan berhenti dengan sendirinya.

Untuk anggarannya sendiri cukup fleksibel. Anda boleh menentukan sendiri seberapa besar budgetnya. Anda juga bisa menentukan sendiri mau bayar berapa per iklan. Kelak pihak Google akan mempertimbangkan tawaran Anda. Bila tawaran Anda dirasa bagus maka Google akan menampilkan iklan Anda.

Apa Pentingnya Google Adwords untuk Bisnis?

Untuk mengetahui pentingnya Google Adwords untuk bisnis, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, agar Anda mendapatkan gambaran.

Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

Kebanyakan orang mencari sesuatu lewat Google terlebih dulu, bahkan yang sifatnya untuk kebutuhan pribadi atau sekadar ingin cari sesuatu yang inginkan. Dengan tampilnya bisnis Anda di Google, Anda dapat meningkatkan penjualan online, Anda dapat mendorong orang untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis Anda, dan juga menarik pelanggan untuk kembali lagi.

Anda dapat menjangkau pelanggan di waktu yang tepat.

Iklan Anda akan muncul saat seseorang mencarinya. Bila Anda seorang dokter dan seseorang mencari praktik dokter, besar kemungkinan orang tersebut dapat menemukan praktik Anda. Ini berbeda dengan beriklan di tv atau di koran, yang muncul tanpa timing atau kondisi yang bisa diatur.

Pengguna internet dapat menemukan bisnis Anda di Google tepat pada saat mereka sedang mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Lokasi beriklan dapat Anda tentukan sendiri.

Anda bisa menargetkan iklan Anda secara spesifik di negara, wilayah, atau kota tertentu — atau dalam jarak tertentu dari bisnis atau toko Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir uang yang Anda setorkan terbuang percuma, untuk iklan yang ditargetkan terlalu luas.

Ini juga membuat Anda mampu memodifikasi iklan Anda untuk hasil paling besar dengan modal paling kecil.

Lihat performa iklan Anda.

Iklan pun bisa Anda evaluasi. Google Adwords memberikan laporan seputar iklan Anda. Seberapa jauh impresinya, seberapa banyak konversi yang terjadi, dan lain sebagainya. Dengan iklan yang bisa dilacak dan diuji, Anda bisa menentukan strategi iklan mana yang paling tepat dan efektif.

Setelah menemukan cara yang paling efektif, Anda bisa mengatur iklan Anda dan mengevaluasinya kembali.

Anda bisa menyeesuaikan anggaran, kapanpun Anda inginkan. Selain itu, tanpa kontrak, Anda bisa mengakhiri kampanye beriklan kapanpun tanpa dikenali biaya pembatalan.

Nah, demikian tadi beberapa keuntungan menggunakan Google Adwords dan pentingnya Adwords untuk bisnis Anda. Semoga Anda mendapatkan gambaran dalam beriklan dengan Google. Artikel berikutnya akan membahas tentang caranya mulai beriklan dengan Google Adwords.