Banyak pemula yang belum memahami apa itu domain name dan web hosting. Untuk itu, pada artikel ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan domain name dan web hosting agar dapat dipahami dengan mudah dan juga bermanfaat bagi situs website bisnis Anda.

Domain Name

Adalah alamat situs website Anda yang diketik oleh pengguna internet pada bar yang ada di browser untuk mengunjungi situs website milik Anda. Dengan kata lain, jika situs website Anda merupakan sebuah rumah, maka nama domain Anda lah yang menjadi alamatnya. Berikut penjelasan yang lebih terperinci:

Pada dasarnya, internet merupakan jaringan komputer raksasa yang terhubung satu sama lain melalui kabel. Untuk mengidentifikasikannya dengan mudah, setiap komputer dibekali serangkaian angka yang disebut dengan IP Adress atau Alamat IP. Alamat IP berupa kombinasi angka yang dipisahkan dengan titik-titik, yang biasanya terlihat seperti contoh ini 66.247.66.2

Komputer dapat dengan mudah mengidentifikasi dan mengingat angka-angka ini. Namun, tidak mungkin bagi manusia mengingat dan menggunakan angka-angka ini untuk terhubung ke situs website di internet. Untuk itulah dalam mengatasi masalah ini, nama domain diciptakan. Nama domain memiliki kata-kata yang memudahkan bagi pengguna internet agar mengingat alamat situs website.

Jika Anda ingin mengunjungi situs website di internet, Anda tidak perlu mengetikkan serangkaian angka. Sebagai gantinya, Anda dapat mengetik nama domain yang mudah diingat, misalnya saja facebook.com.

Web Hosting

Merupakan tempat di mana semua file situs website Anda disimpan dan dapat diakses dengan memanfaatkan koneksi internet. Web hosting banyak digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari file transfer pada FTP, pusat data email, penyimpanan serta aplikasi website, dan lain sebagainya. Web hosting diciptakan dengan kapasitas yang besar di atas komputer atau server yang andal. Server tersebut didukung dengan pendingin sehingga memungkinkan untuk bekerja selama 24 jam terus-menerus.

Tak hanya itu saja, server hosting didukung juga dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Sederhananya, hosting merupakan tempat yang dimanfaatkan guna menyimpan dan menampung semua data yang dibutuhkan dalam membangun dan mengelola sebuah blog atau website. Ketika seorang pengguna memasukkan nama domain Anda di browser, maka nama domain diterjemahkan ke alamat IP komputer perusahaan hosting web Anda. Kemudian akan tampil file situs website Anda, dan mengirimkan file-file itu kembali ke browser pengguna.

Apa Kaitannya Antara Domain Name dan Web Hosting?

Domain name dan web hosting merupakan layanan yang berbeda. Tapi mereka bekerja sama guna membuat situs website agar memungkinkan untuk diakses. Pada dasarnya sistem domain name seperti buku alamat besar yang terus diperbarui. Di balik setiap nama domain, ada alamat layanan hosting web yang menyimpan file situs website. Tanpa nama domain, pengguna internet tidak mungkin menemukan situs website Anda dan tanpa hosting web, Anda tidak dapat membangun situs website.

Apa yang Dibutuhkan untuk Membangun Sebuah Situs Website?

Untuk membangun sebuah situs website, tentunya Anda akan membutuhkan domain name dan web hosting. Jika membeli domain name saja, Anda hanya diberikan hak menggunakan domain name tersebut dalam jangan waktu tertentu. Maka dari itu, Anda membutuhkan web hosting untuk menyimpan file situs website Anda. Setelah mendapatkan hosting, Anda perlu mengatur kembali domain name untuk mengarahkannya pada penyedia layanan hosting web milik Anda.

Itulah sedikit penjelasan yang dapat Anda pelajari antara domain name dan web hosting. Semoga dapat membantu Anda membangun sebuah situs website yang dibutuhkan untuk bisnis Anda.

Leave a comment

©drife 2020. All Rights Reserved.

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish