Bisakah Youtube menjadi sarana meningkatkan brand awareness?

Ya, tentu saja bisa! Kanal media sosial apa pun sebenarnya bisa. Satu-satunya yang perlu dipikirkan adalah Anda harus melakukannya dengan bijaksana.

YouTube adalah salah satu layanan sosial terbesar di dunia. Ini bukan hanya tempat untuk memposting video. Lebih dari itu, YouTube dapat menjadi basis bagi Anda membangun brand awareness. Video sendiri sebenarnya adalah alat yang hebat untuk membangun kesadaran merek. Video adalah salah satu format paling menarik bagi pelanggan.

Memiliki kehadiran yang kuat di YouTube – jaringan pencarian terbesar kedua – dan memelihara kehadiran di sini sangat penting bagi pertumbuhan merek secara keseluruhan.

Tidak hanya menyajikan peluang sempurna bagi Anda untuk menarik pelanggan dengan pesan-pesan kreatif, tetapi dapat pula menjadi platform untuk mengembangkan merek itu sendiri.

Berikut ini alasan mengapa Youtube mampu menjadi sarana untuk meningkatkan brand awareness bagi merk Anda.

Pengguna Youtube Semakin Banyak dan Beragam

Bicara tentang media bergerak, YouTube adalah rajanya. Sepertiga dari semua pengguna Internet kini berduyun-duyun menikmati jaringan ini, yang menghasilkan miliaran jam video ditonton setiap hari. Tentu saja, ini menjadikan Youtube sebagai platform beriklan yang hebat.

Maka tak heran bila saat menonton Youtube, Anda dapat melihat berbagai iklan bertebaran di dalamnya, baik itu di dalam video, ataupun dalam bentuk banner di sisi kanan video (bila diakses dari desktop).

Fasilitas di Dalam Youtube Semakin Bervariasi

Tak hanya menampilkan video dalam bentuk standar, Anda kini dapat pula mempromosikan bisnis atau brand Anda di dalam Youtube melalui live streaming ataupun 360 derajat. Ini tentu membuat proses peningkatan brand awareness semakin bervariasi, dan Anda bisa semakin kreatif.

Brand Awareness dapat diukur melalui tools yang tersedia

Kampanye pencitraan brand memiliki tujuan unik: meningkatkan kesadaran dan visibilitas produk, layanan, atau usaha Anda.

Untuk membantu mencapai tujuan ini, Anda dapat menggunakan kampanye AdWords Anda untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda atau mendorong pelanggan untuk berinteraksi dengan merek Anda.

Setelah Anda menetapkan sasaran kampanye branding, Anda dapat memilih tempat terbaik untuk menampilkan iklan Anda, dan kemudian mengukur keberhasilan dengan memantau jejak, konversi, dan statistik lainnya.

Untungnya, semua ini bisa dilakukan melalui Google Adwords dan Google Analytics. Apabila Anda memiliki situs, referral link yang berasal dari Youtube dan video tertentu dapat dilacak.

Iklan tertarget

Umumnya, Anda ingin menempatkan iklan Anda pada sebanyak mungkin target audiens Anda. Google memiliki dua jaringan untuk menjalankan iklan: Jaringan Penelusuran dan Jaringan Display.

Apabila Jaringan Penelusuran utamanya menjalankan iklan teks, maka Jaringan Display menjalankan iklan teks, iklan gambar berwarna-warni dan iklan multimedia (seperti video atau otomatisasi) yang sangat bagus untuk menampilkan pesan branding.

Dengan jutaan situs web Google termasuk YouTube, Google Display Network (GDN) menjangkau 90% pengguna Internet di seluruh dunia.

Di GDN Anda dapat menargetkan iklan Anda dengan sangat efektif. Dengan opsi khusus untuk penargetan, kata kunci, demografi, dan pemasaran ulang, Anda dapat mendorong pelanggan untuk memperhatikan merek Anda, mempertimbangkan penawaran Anda, dan mengambil tindakan.

Lalu, Anda juga bisa mengukur hasil iklan Anda dan mencari tahu lingkup pemirsa mana yang merespon paling positif.

Bila Anda ingin meningkatkan prospek, penjualan, dan kesadaran merek, AdWords membantu Anda mengukur kinerja kampanye YouTube Anda sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian dan memenuhi tujuan Anda. Beberapa metrik untuk mengukur meliputi:

 

  • Tayangan: Penting terutama dalam kampanye branding karena mereka mewakili berapa banyak pelanggan yang benar-benar melihat iklan Anda.
  • Konversi: Dapat membantu melihat apakah iklan Anda berhasil mendorong perilaku  tertentu pada pengunjung, seperti membeli atau mendaftar di situs Anda.
  • Frekuensi: Frekuensi rata-rata pengunjung terpapar iklan selama periode waktu tertentu.
  • Jangkauan: Jumlah pengunjung yang terpapar iklan. Peningkatan jangkauan berarti iklan terpapar ke lebih banyak calon pelanggan, yang dapat meningkatkan kesadaran merk.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Awareness di dalam Youtube?

Anda dapat membangun kesadaran merek dengan bantuan YouTube dalam dua cara. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan saluran merek atau produk Anda sendiri dan mulai mengunggah video di sana. Video-video harus sejalan dengan strategi komunikasi umum Anda.

Namun, orang-orang tidak begitu bersemangat untuk terlibat dengan satu merek atau perusahaan, kecuali bila Anda sudah menjadi merek besar.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menargetkan iklan ke grup target ideal dan mencoba memposting konten yang relevan dan menghibur.

Cara lain untuk membangun kesadaran merek dengan YouTube adalah dengan berkolaborasi dengan YouTuber lain. Seperti selebritis biasa, seorang YouTuber yang mendukung produk Anda dapat membantu menyebarkan informasi tentang Anda kepada audiens mereka atau bahkan mendorong mereka untuk mulai menggunakan produk Anda.

Nah, itu tadi Alasan YouTube Dapat Menjadi Sarana Tingkatkan Brand Awareness. Tertarik menggunakan youtube untuk branding bisnis Anda?

Leave a comment

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
mersin escort çorlu escort erzincan escort görükle escort Samsun escort