Digital Marketing | April 18, 2018 4:30 am

8 Konsep Pemasaran dengan Budget Terbatas

Digital marketing adalah peluang besar dalam memasarkan bisnis dan produk Anda. Namun, tak semua punya dana yang cukup untuk melakukan promosi besar-besaran.

Lalu bagaimana dengan startup yang minim dana, dan bisnis kecil yang dananya terbatas?
Berikut ini adalah 8 konsep pemasaran dengan budget terbatas.

1. Temukan niche Anda

Niche, alias ceruk pasar, adalah satu hal yang harus Anda ketahui dengan benar.

Lupakan beriklan tanpa target. Anda tidak perlu menargetkan iklan ke semua orang. Anda perlu menyempitkan fokus hanya pada pelanggan potensial Anda, yang punya uang, yang punya kemungkinan besar bersedia merogoh kocek untuk membeli produk Anda.

Menemukan niche bisa dimulai dengan menganalisa pelanggan yang sudah Anda punya. Apa kesamaan yang dimiliki oleh para pelanggan Anda? Berapa usia rata-rata mereka? Apa latar belakang pendidikan mereka? Apa pekerjaan mereka? Apa hobi mereka?

Dari sini Anda bisa memperkirakan seperti apa niche Anda, dan seperti apa kelompok yang kemungkinan besar membeli dari Anda.

2. Evaluasi Opsi Potensial Anda

Setelah mengetahui niche market Anda, maka sekarang waktunya mengetahui opsi-opsi apa saja yang bisa dilakukan untuk menggaet mereka.

Jejaring sosial mana yang banyak mereka kunjungi? Bila niche Anda adalah anak muda, maka Anda bisa mencoba menampilkan produk Anda di jejaring sosial semacam Snapchat atau Instagram. Bila produk Anda berbasis B2B dan niche Anda adalah orang-orang profesional, maka Anda bisa mencoba beriklan di LinkedIn.

Beriklan di mesin pencari dengan Google Adwords juga bisa Anda coba. Yang terpenting, Anda tahu kata kunci apa yang dimasukkan oleh niche Anda.

3. Miliki Situs yang Berkualitas

Tak peduli seterbatas apapun dana Anda, mempunyai situs adalah hal wajib dalam rencana digital marketing.

Ini karena pembeli akan lebih percaya pada Anda bila Anda punya situs yang bisa dikunjungi. Selain itu Anda bisa mengarahkan semua pelanggan Anda entah itu dari email, sosmed, kontak WhatsApp, menuju ke satu wadah, yakni situs Anda.

Situs yang dibuat dengan tepat akan menjadi sebuah papan iklan bagi brand Anda. Anda bisa mengisi situs tersebut dengan produk-produk Anda, cerita di balik bisnis Anda, konten-konten berkualitas, dan FAQ.

Dengan adanya satu wadah informasi seperti situs, calon pembeli akan merasa lebih nyaman, karena bisa mencari informasi bisnis Anda langsung dari Anda sendiri.

Situs bisa dibuat dengan jasa designer grafis. Ini bisa memakan dana hingga 10 juta lebih. Namun berhubung dana Anda terbatas, Anda bisa menggunakan platform WordPress dan membeli hosting berbayar. Dana yang diperlukan kurang dari satu juta. Ini sudah cukup untuk memulai.

 

4. Optimasi Situs

Setelah situs Anda jadi, Anda bisa memulai melakukan optimasi terhadap situs Anda.

Optimasi ini dapat berupa SEO. Anda bisa mengisi situs dengan artikel-artikel yang terkait dengan produk Anda. Pelajari dasar-dasar SEO, agar situs Anda mudah terlihat di hasil pencarian Google atau Yahoo. SEO sendiri bisa Anda lakukan secara gratis selama Anda mau belajar.

Anda juga bisa membuat fanpage atau akun jejaring sosial terkait bisnis Anda. Sematkan link menuju situs Anda di semua akun tersebut. Akun jejaring sosial bisa Anda buat gratis, jadi tidak perlu keluar uang.

drife-seo

Cara lain bisa melakukan strategi email marketing. Anda bisa membangun list email, lalu Anda bisa menggunakan layanan email marketing untuk mengirimkan pesan atau promosi ke kontak-kontak email tersebut.

Layanan email marketing memang kebanyakan berbayar. Anda bisa menggunakan MailChimp, yang menawarkan email marketing gratis untuk 2000 kontak pertama.

5. Belajar Copywriting

Copywriting adalah teknik menulis yang mampu menarik minat audiens dan membeli produk Anda. Bila Anda memiliki budget terbatas, tak ada salahnya belajar copywriting sederhana untuk mendongkrak penjualan Anda.

Teknik copywriting dasar banyak tersedia di internet. Workshop dan seminarnya pun juga ada, tetapi rasanya memulai dari yang dasar sudah cukup. Yang penting Anda langsung segera menerapkannya.

6. Ciptakan Postingan Menarik

Postingan menarik di sosmed tak bisa dipungkiri dapat meningkatkan impresi dari target pasar Anda. Jika Anda berhasil menciptakan postingan menarik dan bikin penasaran, target pasar akan tanya-tanya lebih lanjut tentang produk Anda.

Postingan menarik bisa berupa tulisan, gambar, atau video.

Anda bisa mendesain post berupa gambar di situs semacam Canva. Canva menyediakan banyak template desain menarik, tinggal Anda isi dengan kata-kata dan foto produk Anda.

7. Lakukan Kuis Berhadiah

Trik berikut ini cukup mudah.

Anda unggah sebuah post di akun sosial media bisnis Anda. Tuliskan bahwa Anda mengadakan kuis berhadiah, dan hadiahnya dapat berupa produk Anda. Anda perlu meminta para follower Anda untuk like, share dan berkomentar sebanyak-banyaknya di postingan tersebut, hingga batas waktu yang Anda tentukan sendiri.

Pemenangnya ditentukan saat Anda berkomentar “stop”. Siapa yang komentarnya berada di atas Anda, dialah pemenangnya.

Ini akan memancing engagement post dalam jumlah yang luar biasa besar, bila dilakukan di jam ramai.

8. Evaluasi Berkelanjutan

Supaya budget marketing Anda tidak membengkak, Anda harus terus menerus melakukan evaluasi. Lakukan tracking. Konten seperti apa yang mendapatkan banyak like dan share? Akun sosial media yang mana yang paling banyak followernya? Email seperti apa yang paling banyak dibuka?

Kunci melakukan marketing yang ampuh dengan budget terbatas adalah evaluasi berkelanjutan. Berhubung Anda punya budget terbatas, maka Anda harus mengorbankan tenaga dan waktu lebih untuk terus menerus mencari strategi paling efektif.

drife-image

Sebenarnya mengeluarkan budget dalam marketing tidak bisa dihindari. Namun, yang paling penting adalah budget tersebut kemudian kembali dengan value lebih. Dapat berupa pengunjung situs yang lebih banyak, pembelian yang lebih banyak, dan lain-lain.

 

Nah, demikianlah 8 Konsep Pemasaran dengan Budget Terbatas yang bisa Anda coba. Semoga membantu!