Digital Marketing | March 21, 2018 10:04 am

7 Tools Gratis dengan Akurasi Tinggi untuk Riset Kata Kunci

Bagi seorang digital marketer, salah satu tugasnya adalah membuat sebuah konten mudah dicari di Google. Minimal, apabila dicari di Google akan masuk halaman satu, lebih baik lagi bila peringkat teratas.

Untuk melakukan optimasi mesin pencari alias SEO ini ada beberapa langkah yang mesti ditempuh, dan langkah ini bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, bisa dibilang yang terpenting adalah riset kata kunci. Tanpa riset kata kunci yang akurat, kemungkinan besar konten yang sudah susah payah dibuat malah kalah dengan konten dari situs-situs lain.

Maka dari itu, riset kata kunci yang baik penting sekali untuk dilakukan. Untuk melakukan riset, Anda bisa menggunakan beberapa tools gratis berikut ini. Meski gratis, namun efektivitasnya tak perlu diragukan.

Apa saja?

 

1. Google Keyword Planner

Alat wajib yang pernah dan masih digunakan semua praktisi SEO. Tools gratis dengan akurasi tinggi untuk riset kata kunci ini buatan Google, sehingga tidak perlu diragukan efektivitasnya.

Google Keyword Planner memungkinkan Anda meriset kata kunci dengan akurasi tinggi. Caranya cukup mudah: Anda tinggal memasukkan kata tertentu di dalam box yang sudah disediakan, dan Google akan memberikan sejumlah kata kunci yang terkait dengan entri tersebut. Di bawahnya akan ada tabel yang memperlihatkan jumlah hasil pencarian perbulan serta tingkat kesulitan bersaing di halaman satu.

Google Keyword Planner sendiri cukup penting digunakan bila Anda ingin menemukan kata kunci yang paling sesuai dengan yang sering dicari oleh audiens Anda. Dengan mengatur konten agar sesuai dengan kata kunci yang dicari, kemungkinan Anda mendapatkan dalam pengunjung yang lebih banyak akan lebih besar.

Untuk menggunakannya, Anda perlu membuat akun khusus Adwords Google. Bila Anda sudah punya akun Gmail, Anda tinggal memasukkan alamat email dan password Anda.

Tampilan Google Keyword Planner

Tampilan Google Keyword Planner

 

2. Soovle

Google Keyword Planner adalah tools riset kata kunci yang bagus, namun yang ditampilkannya seringkali hanyalah kata kunci pendek. Padahal, salah satu strategi menang di perburuan peringkat satu Google adalah bermain di kata kunci panjang, alias long tail keyword.

Soovle adalah tools yang mampu menjawab kebutuhan tersebut. Soovle adalah alat periset kata kunci dengan akurasi tinggi seperti halnya Google Keyword Planner. Yang membedakan adalah Soovle tidak butuh membuat akun, kata kunci yang dimunculkan juga berasal dari situs-situs lain, dan hasil yang muncul juga berupa kata kunci panjang.

Soovle cocok untuk Anda yang berencana menargetkan kata kunci panjang.

 

3. Spyfu

Hasil kata kunci yang Anda dapat mungkin akurat, namun belum tentu efektif.

Yang dimaksud efektif di sini adalah bisa mendapatkan pengunjung dan mengubah audiens menjadi pembeli, bila dalam hal ini Anda menjual produk.

Bagaimana mendapatkan kata kunci yang efektif dan akurat?

Salah satu trik yang bisa Anda lakukan adalah mengambil kata kunci yang sudah terbukti bagus. Gunakan saja kata kunci yang digunakan kompetitor!

SpyFu adalah tool riset kata kunci yang dapat digunakan untuk membongkar semua trik SEO dari kompetitor Anda. Saat Anda mengetikkan alamat situs kompetitor Anda, Spyfu otomatis menampilkan sejumlah data seperti kata kunci yang digunakan, kalimat iklan yang dipakai, dan lain-lain.

Tools ini akurat bila kompetitor yang digunakan benar-benar besar dan internasional. Untuk pencarian lokal seperti situs dari Indonesia, Spyfu masih belum mampu memberikan banyak informasi.

 

4. SEOQuake

SEOQuake adalah tools riset kata kunci dengan akurasi tinggi. Berbeda dengan tools lain, tools ini berupa extension, yang bisa Anda instal di Google Chrome dan Firefox secara gratis.

Meski gratis, namun akurasinya cukup bagus. Anda dapat menggunakan SEOquake untuk audit SEO secara real time. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengambil kata kunci milik kompetitor dengan menggunakan tools ini.

Caranya cukup mudah:

  • Buka laman atau artikel tertentu di situs kompetitor Anda.
  • Setelahnya, klik extension SEOQuake di kanan atas browser Anda.
  • Setelah itu, Anda tinggal klik submenu Density.

Kelak akan muncul laporan tentang kata-kata apa saja yang paling sering muncul di laman tersebut. Ada yang terdiri satu kata sampai empat kata. Anda tinggal lihat kata kunci apa saja yang paling sering muncul, dilihat dari density dan prominence-nya. Dari situ, Anda bisa mencontoh semua yang sudah dilakukan oleh kompetitor Anda. Atau mungkin Anda bisa membuatnya lebih baik.

Tampilan Keyword Density

Tampilan Keyword Density

 

5. LSIGraph

LSIGraph adalah sebuah tools yang digunakan untuk meriset kata kunci utama, sekaligus kata-kata lain yang sering juga muncul bersama dengan kata kunci tersebut.

Misalnya bila Anda meriset kata kunci terkait sakit jantung, maka LSIGraph akan memunculkan kata-kata kunci pendamping seperti obat sakit jantung, gejala sakit jantung, tanda sakit jantung, gejala serang jantung, dan lain-lain.

Fungsi tools ini bukanlah untuk mencari kata kunci utama. Fungsinya adalah mencari kata kunci pendamping untuk ditanam di dalam artikel, sehingga konten Anda semakin relevan dengan yang dicari pengunjung. Selain itu penanaman kata kunci pendamping akan membuat artikel jadi lebih kuat secara SEO.

LSI Graph

LSI Graph

 

6. HitTail

Selain Soovle, tools untuk meriset kata kunci panjang dengan akurasi tinggi adalah HitTail. Bila Anda menuliskan kata kunci tertentu di HitTail, tools ini akan menunjukkan kata kunci panjang yang sering dicari orang, serta kata-kata lain yang terkait.

Tools ini sangat pas untuk Anda yang mengincar SEO melalui kata kunci yang panjang.

 

7. UberSuggest

Ubersuggest adalah tools riset kata kunci panjang dengan akurasi tinggi yang digunakan untuk meriset kata kunci turunan. Kata kunci turunan yang muncul pun sangat banyak, diurut berdasarkan alfabet dan angka.

Cocok untuk Anda yang mencoba SEO melalui penggunaan variasi kata kunci, atau sekadar mencari ide tambahan seputar konten yang sedang Anda susun.

 

Nah, demikian tadi 7 Tools Gratis dengan Akurasi Tinggi untuk Riset Kata Kunci di 2018 yang bisa Anda gunakan. Semoga membantu!