Merintis usaha memang menggiurkan bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak? menjalankan usaha memang bisa memberikan keuntungan yang besar untuk pelaku bisnisnya. Akan tetapi, untuk bisa mencapai hal tersebut dibutuhkan pula effort yang besar, mulai dari modal hingga perjuangan mengembangkannya. Besaran effort inilah yang membuat tidak sedikit orang yang akhirnya menyerah dan mundur sebelum memulai usaha. Karena terkadang, hasilnya pun tidak menentu.

Yang harus Anda ingat dan ketahui adalah, banyak juga lho pemilik usaha (yang sekarang sudah besar) memulai usaha mereka dari tempat dan modal yang seadanya. Bahkan tidak sedikit juga yang benar-benar memulai dari nol. Oleh karena itu, jangan minder dulu! 

Cek 5 tips berikut yang bisa Anda lakukan ketika sedang atau berniat membangun bisnis dari nol!

1. Tentukan Produk 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk (barang atau jasa) apa yang ingin Anda jual pada konsumen. Untuk melakukan hal ini, Anda lebih baik melakukan riset terlebih dahulu. Carilah produk yang unik atau bermanfaat (keduanya lebih baik) agar bisnis Anda lebih menonjol.

Yang terpenting adalah, pastikan Anda menyukai atau memiliki passion terhadap hal yang Anda jual. Karena jika Anda menyukainya, akan lebih mudah untuk Anda menjadi relate dan memahami cara menjual produk tersebut pada konsumen.

2. Susun Visi Misi serta Rencana Anda

Setelah Anda sudah memiliki pilihan produk, Anda perlu memiliki gambaran atau tujuan yang ingin Anda caai di masa depan. Oleh karena itu, yang harus ada lakukan selanjutnya adalah siapkan rencana yang matang beserta visi dan misi yang jelas, mulai dari target pasar, rencana pemasaran, dan lain sebagainya. Karena hal tersebut merupakan kunci kesuksesan untuk sebuah usaha. Jika Anda sudah menyusun rencana yang jelas, Anda bisa melangkah lebih fokus sesuai dengan jalur yang Anda pilih.

3. Siapkan Modal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak sedikit orang yang takut atau menyerah di awal karena memikirkan modal yang dirasa akan memakan biaya besar besar. Padahal, tidak semua usaha membutuhkan modal yang sebesar itu. Anda bisa memilih untuk memulai dari usaha kecil-kecilan di rumah sambil memanfaatkan media sosial yang gratis untuk melancarkan promosi Anda. Strategi tersebut cukup efektif lho untuk mensiasati penekanan biaya.

4. Fokus pada Satu Bisnis Dulu

Ketika sedang bermimpi, mempunyai banyak usaha dengan keuntungan berlimpah memang sangat menggiurkan. Akan tetapi, di sisi lain, fantasi tersebut bisa berbahaya bagi rencana Anda, lho. Bahkan bisa sampai berakibat pada kerugian.

Sebenarnya tidak apa jika Anda bermimpi untuk mengembangkan bisnis yang  banyak, tapi jangan terburu-buru ingin menambah keuntungan dengan memulai usaha kedua. Anda harus yakin dan memastikan terlebih dahulu bahwa usaha yang saat ini sudah Anda pegang benar-benar stabil (dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya) sebelum memulai bisnis lainnya.

5. Belajar, belajar, belajar!

Ketika Anda sudah menjadi pebisnis, hindarilah sifat angkuh dan mudah merasa cukup. Karena sesungguhnya menjadi seorang pebisnis berarti bersedia untuk selalu belajar, belajar dan belajar. Apalagi di era digital seperti saat ini belajar bukanlah suatu hal yang sulit. Anda bisa belajar dari berbagai sumber dalam satu kali scroll di smartphone Anda. 

Bahkan jika Anda merasa benar-benar tidak ada waktu, banyak juga pelajaran-pelajaran yang bisa Anda dapatkan dalam bentuk podcast, yang artinya Anda bisa multitasking. Belajar sambil bekerja. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan karena tren bisnis selalu berubah. Oleh karena itu, merupakan tugas Anda untuk mempelajari behavior calon konsumen. Bukan sebaliknya.

Itu tadi 5 hal yang wajib Anda lakukan ketika membangun bisnis dari nol. Jika Anda membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk mencari mentor! Dengan memiliki mentor atau partner yang memang expert di bidangnya, Anda bisa mempercepat pertumbuhan bisnis Anda.

Leave a comment

©drife 2021. All Rights Reserved.

en_USEnglish