Meningkatkan penjualan tentu saja menjadi tujuan utama bagi hampir semua pebisnis, baik mereka yang memegang bisnis skala kecil maupun besar. 

Tapi tenang saja, meningkatkan penjualan apalagi secara online ternyata tidak sesulit dan semahal yang Anda bayangkan, lho! Berikut adalah 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan Anda secara online.

  1. Buatlah video review dan unboxing

Hal terpenting yang membuat pelanggan Anda memutuskan keinginannya untuk membeli/menggunakan produk Anda adalah kepercayaan. Apakah toko Anda terpercaya?

Di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini, kata-kata bisa sangat mudah dipalsukan. Orang-orang juga semakin berhati-hati dalam menyaring informasi di internet karena banyaknya pengalaman penyebaran berita hoax ataupun penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, review dalam bentuk video yang menunjukkan kondisi asli produk Anda bisa dijadikan strategi ampuh untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Anda bisa saja membuat video review Anda sendiri. Tapi jika ingin lebih terpercaya lagi, Anda juga bisa meminta pembeli Anda untuk memberikan testimoni dengan memperlihatkan kondisi barang yang mereka beli dalam bentuk video. 

  1. Adakan jualan versi live streaming

Di era digital dan media sosial ini, Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah live streaming. Jika dibandingkan dengan video review, konten live streaming juga lebih diminati oleh pelanggan karena fitur ini mengizinkan pelanggan berinteraksi langsung (secara virtual tentunya) dengan produk yang ingin mereka cari tahu.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba memindahkan proses jual beli Anda ke fitur live streaming. Anggap saja Anda sedang video call dengan calon pembeli (tapi dalam jumlah banyak). 

Meski begitu, Anda tidak bisa menyerahkan nasib pada semesta. Jika Anda menginginkan audiens Anda untuk antusias mengikuti jual-beli Anda melalui live streaming, Anda jangan sampai lupa untuk menyusun program promosi beserta benefit yang akan didapatkan oleh audiens Anda yang mengikuti live streaming Anda.

  1. Buat program bundling

Untuk strategi yang satu ini, Anda bisa membuat paketan-paketan khusus berisi produk-produk Anda. Tapi tentu saja tidak asal gabung. Anda harus memiliki analisa dan strategi yang detail mengenai produk apa saja yang akan Anda gabungkan hingga penawaran harga yang paling efektif.

Dan tentu saja Anda tidak boleh pelit informasi. Anda harus bisa membuat audiens Anda memiliki anggapan yang sama mengenai value paket yang Anda gabungkan sehingga mereka merasa akan lebih worth it untuk membeli produk Anda dalam bentuk bundle dibandingkan secara terpisah. 

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan: tulislah harga normal produk bersebelahan dengan harga produk yang sudah dibuat bundle agar calon pembeli Anda bisa memperhitungkan sendiri keuntungan yang akan mereka dapatkan jika memilih produk Anda dalam bentuk bundle.

  1. Gunakan promosi yang kreatif

Inilah saatnya Anda mengeluarkan jurus desain dan copywriting terbaik Anda. Bayangkanlah suasana mall di saat menjelang lebaran atau natal misalnya. Anda pasti terbayang berbagai dekorasi, tulisan promo, hingga playlist lagu yang digunakan. Perpaduan dari hal-hal tersebut tentunya membuat Anda memiliki excitement tertentu terhadap hal yang akan dirayakan.

Begitulah yang harus Anda terapkan pada promo Anda. Buat sebisa mungkin agar ketika audiens membuka page Anda, mereka merasakan excitement yang sama untuk mengikuti promo yang Anda buat.

  1. Rutin pasang iklan

Melanjutkan strategi yang sebelumnya, kini kita berbicara tentang algoritma. Dunia digital memiliki algoritmanya sendiri untuk memunculkan postingan-postingan tertentu berdasarkan market yang sesuai. Oleh karena itu, Anda tidak bisa hanya berpasrah diri mengharapkan siapa pun akan melihat iklan Anda.

Selain melakukan targeting yang tepat, Anda juga harus konsisten memasang iklan secara rutin. Semakin banyak iklan yang Anda buat, semakin banyak pula potential customers yang akan Anda dapatkan.

Itu tadi adalah 5 cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan Anda di tahun 2021 ini. Tidak perlu khawatir, siapa saja tentu bisa melakukannya. Lakukanlah secara satu persatu dan tentunya dengan sabar! Jika Anda merasa belum yakin dan membutuhkan bantuan dalam menentukan strategi, tidak perlu takut untuk mencari mentor!

Di dunia digital yang selalu berkembang, semua orang juga perlu belajar untuk bisa keep up dengan perkembangannya.

Leave a comment

©drife 2021. All Rights Reserved.

en_USEnglish