SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah kumpulan strategi yang berfokus pada cara untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas traffic yang masuk ke website Anda dari mesin search engine (Google, Yahoo, dsb). 

Intinya, SEO adalah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat website Anda muncul di peringkat teratas dalam mesin pencari seperti Google. Tapi, tidak hanya Google! Di tahun 2021 ini, platform media sosial seperti Instagram juga mulai menerapkan sistem search-friendly, lho!

Pengguna teknologi digital seperti Anda pasti sudah terbiasa, dong dengan ‘seluk beluk dunia maya’, apa lagi tentang platform kesayangan sejuta umat: Instagram! 

Instagram adalah aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone yang mengizinkan penggunanya dapat meng-edit hingga memposting foto atau video ke halaman utama Instagram dan jejaring sosial lainnya. Adapun postingan Anda tersebut akan terpampang nyata di feed atau timeline pengguna lainnya yang menjadi followers Anda.

Sejak kemunculannya pada tahun 2010, Instagram secara konsisten terus mengupdate fitur-fiturnya menjadi semakin canggih dan user-friendly sesuai dengan tren yang berlaku pada tiap tahunnya. Itulah yang membuat Instagram bisa bertahan hingga sekarang. Kemampuan Instagram dalam beradaptasi dengan tren dunia digital memang patut ditiru dan diacungi jempol!

Baru baru ini, Adam Mosseri selaku CEO dari Instagram mengumumkan fitur baru di Instagram berupa penelusuran kata kunci. Seperti apa ya maksudnya?

Sebelumnya jika Anda ingin mencari misalnya “toko baju” di kolom search, Anda hanya bisa menelusuri postingan atau account yang menggunakan hashtag “#tokobaju” di caption, display name, atau bio mereka. Tapi sekarang, dengan adanya pencarian kata kunci, Anda dapat memasukan keywords atau kumpulan kata-kata tertentu dan mendapatkan hasil lebih banyak (tidak hanya berdasarkan hashtag).

Fitur ini tentu saja menguntungkan pengguna karena Instagram menjadi lebih search-friendly atau bisa juga dibilang semakin SEO-friendly. Menarik, kan? Bagi Anda yang sedang melakukan campaign atau brand awareness melalui media sosial, jangan sampai lewatkan manfaat dari fitur baru ini ya! 

Sudah waktunya Anda menata ulang profil instagram Anda dengan semangat New Year New Me! 😀

Leave a comment

©drife 2021. All Rights Reserved.

en_USEnglish